ORARI Kabupaten Pekalongan Akan Gelar Jambore On The Air se Dunia

ORARI Kabupaten Pekalongan Akan Gelar Jambore On The Air se Dunia

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Kabupaten Pekalongan bakal menggelar JOTA (Jamboree On The Air) se Dunia. Acara dilaksanakan di Sanggar Pramuka Karangsari.

Adapun Jambore On The Air itu merupakan pertemuan adik adik pramuka dunia khususnya yang ada di Indonesia untuk bisa berkomunikasi dengan stasiun stasiun radio yang ada. Adik adik pramuka yang ada di Kabupaten Pekalongan melaksanakan Jambore pada siang hari. 

Ketua DPP ORARI Kabupaten Pekalongan, Purnawirawan Polri Kompol Margono, dengan nama panggilan udara YC2PMD menyampaikan pembukaan Jambore On The Air akan dilaksanakan pada 18 - 20 Oktober 2024.

"Untuk kegiatannya seperti jambore jambore pada umumnya cuma kegiatan kali ini melalui udara jadi adik adik pramuka sedunia ini berkomunikasi saling bertegur sapa melalui radio atau on the air," katanya. 

Sementara tahun 2024 ini ada sesuatu yang beda dengan pelaksanaan Jambore On The Air pada tahun tahun sebelumnya. Karena Jambore On The Air adalah acara rutin tahunan sesuai MoU antara ORARI pusat dengan Kowarnas. 

"Nah tahun ini ada yang berbeda karena ada peserta termuda usia 10 tahun," katanya. 

Untuk peserta Jambore On The Air yaitu dilaksanakan di tiga tempat Kwaran Kedungwuni ada 200 peserta, untuk Saka Bahari Wonokerto ada 90 peserta sedangkan di Kwarcab Sanggar Karanganyar ada 100 orang. Melalui Jambore On The Air tersebut diharapkan memberikan pembinaan Pramuka terutama generasi muda. Sehingga adik adik ini bisa diarahkan ke hal hal yang positif. 

"Saya kira sama dengan maksud dan tujuan gerakan pramuka yaitu untuk membina, mengarahkan adik adik supaya bisa menjauhi hal negatif, seperti Narkoba, kebut kebutan karena ini mengisi waktu adik adik supaya tidak terpengaruh hal negatif," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: