Kembali Raih Penghargaan, Pelayanan Publik Kabupaten Batang Dapat Skor Tinggi dari Ombudsman RI

Kembali Raih Penghargaan, Pelayanan Publik Kabupaten Batang Dapat Skor Tinggi dari Ombudsman RI

TERIMA - Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Batang, Budiyono saat menerima penghargaan dari Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah.-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Pelayanan Publik Kabupaten BATANG mendapatkan skor tinggi dari Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Jawa Tengah. Dalam penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024, BATANG masuk kategori zona hijau kualitas tinggi dengan nilai rata-rata 93,74.

Atas capaian tersebut Pemkab Batang kembali mendapatkan penghargaan, yang secara langsung diberikan pada Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang digelar di Hotel Quest Semarang, Senin 2 Desember 2024.Acara tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wali Kota se-Jawa Tengah, dengan narasumber utama dari Ombudsman RI dan Gubernur Jawa Tengah.

BACA JUGA:Miliki Kinerja Terbaik dan Tim yang Solid, Pj Bupati Batang Kembali Diapresiasi Kemendagri RI

Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. 

"Alhamdulillah, Kabupaten Batang berhasil mendapatkan nilai kepatuhan yang sangat baik. Hasil ini menunjukkan komitmen kami untuk memberikan pelayanan publik berkualitas kepada masyarakat," ungkapnya, Selasa 3 Desember 2024.

Enam Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) di Kabupaten Batang menjadi locus penilaian Ombudsman tahun ini. Berikut hasil rincian penilaian yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil): 93,77, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud): 89,07, Dinas Sosial (Dinsos): 95,07, Puskesmas Batang I: 95,86, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP): 97,55, Puskesmas Batang III: 90,90.

“Pelayanan publik bukan sekadar kewajiban, tetapi wujud nyata tanggung jawab kami untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat,” tambah Lani Dwi Rejeki.

Lewat penghargaan ini, Kabupaten Batang tidak hanya menunjukkan kualitas, tetapi juga komitmen untuk terus melayani masyarakat dengan standar terbaik. 

"Dengan evaluasi rutin dan pembinaan berkelanjutan, Pemkab Batang optimistis dapat menjadi teladan bagi kabupaten lainnya di Indonesia dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang prima," jelasnya. 

BACA JUGA:Hadirkan Jajanan Aman dan Sehat, 8 Lembaga Pendidikan di Batang Raih Penghargaan dari BBPOM Semarang

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Batang, Budiyono, menambahkan bahwa seluruh UPP di Batang berada dalam kategori A dengan opini Kualitas Tertinggi. 

"Meski hasilnya memuaskan, kami tetap akan melakukan pembinaan khusus untuk meningkatkan dimensi input dan pengaduan pada Disdikbud dan Puskesmas Batang III, yang nilainya relatif lebih rendah dibandingkan lainnya," jelasnya.

DPMPTSP dan Puskesmas Batang I menjadi locus dengan nilai tertinggi. Keberhasilan ini, menurut Budiyono, tidak hanya perlu dipertahankan, tetapi juga terus ditingkatkan. Selain itu, koordinasi dengan Ombudsman setempat akan diperkuat untuk memastikan pelayanan publik semakin optimal. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: