Mahasiswa Unikal Bantu Optimalkan Digital Marketing UKM Dapur Diana Melalui Media Sosial Whatsapp dan Facebook
--
RADARPEKALONGAN.CO.ID - UKM Dapur Diana, sebagai salah satu UMKM di Kota Pekalongan menyadari pentingnya pemanfaatan media sosial dalam mendukung perkembangan usahanya.
Namun dalam praktiknya, pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dan branding belum dilakukan secara optimal.
Hal ini disebabkan oleh minimnya keterampilan dan literasi digital yang dimiliki sehingga UKM Dapur Diana masih mengandalkan metode pemasaran konvensional.
Akibatnya dari hal ini, potensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing belum dapat dimaksimalkan.
Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti dan tim melaksanakan kegiatan pendampingan dan edukasi mengenai penggunaan platform WhatsApp Business dan Facebook.
Melalui inisiatif ini, diharapkan UKM Dapur Diana dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan memperkuat branding usaha, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas.
Metode pengabdian ini menggunakan pengabdian studi kasus. Metode ini merupakan bentuk tahapan analisis permasalahan, pengumpulan data dan pelaksanaan pengabdian berkaitan dengan identifikasi permasalahan subjek studi (Sutanto et al., 2022).
Pelaksanaan kegiatan dilakukan di UKM Dapur Diana yang berlokasi di Rowoyoso, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Dengan pengabdian studi kasus, diharapkan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian dapat dipraktikkan lebih sistematis, sehingga menghasilkan output digital marketing yang lebih optimal.
Tahap pertama dalam pengoptimalan ini adalah pembuatan akun WhatsApp Business untuk Dapur Diana. Dalam proses ini, kami fokus pada konfigurasi menu atau fitur yang memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi terkait produk UKM Dapur Diana.
Fitur-fitur yang diperkenalkan disini meliputi fitur balasan cepat yang memungkinkan Dapur Diana untuk menjawab pertanyaan umum secara otomatis dalam hitungan detik. Selain itu, kami juga memperkenalkan pesan otomatis yang dapat memberikan ucapan pembuka atau selamat datang kepada pelanggan yang menghubungi akun tersebut.
Hal ini dapat menjadi strategi awal untuk meningkatkan minat positif pelanggan terhadap UKM Dapur Diana. Kami juga menciptakan katalog produk yang menampilkan gambar menarik, deskripsi dan harga untuk setiap produk. Fitur katalog ini memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang mereka inginkan dengan melihat daftar harga yang tersedia, sehingga tidak perlu melakukan banyak pertanyaan kepada admin.
Setelah akun WhatsApp Business selesai, kami melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu membuat akun Facebook Messenger yang menjadi saluran tambahan untuk strategi digital marketing Dapur Diana. Dalam pembuatan akun Facebook ini, kami sangat memperhatikan personalisasi akun sebagai branding dari UKM Dapur Diana.
Kami berusaha menarik perhatian pelanggan dengan memilih foto profil dengan logo UKM yang mencerminkan karakter merek Dapur Diana dan membuat sampul yang menarik berisi gambar produk unggulan.
Untuk mengoptimalkan penggunaan media facebook, kami memberikan pelatihan platform ini untuk memasarkan produk-produk UKM Dapur Diana. Kami memberikan panduan mengenai cara menulis caption yang baik sebagai strategi penting dalam promosi di platform Facebook.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: