5 Cara Manajemen Keuangan bagi Kamu yang Baru Mulai Bekerja

5 Cara Manajemen Keuangan bagi Kamu yang Baru Mulai Bekerja-jcomp-
Manyiapkan anggaran ini berguna untuk menentukan berapa biaya yang perlu Anda keluarkan per bulannya atau bahkan per harinya.
2. Manajemen dalam Menentukan Prioritas Kebutuhan
Selanjutnya, kamu juga mesti paham bahwa menyiapkan anggaran sebagai salah satu cara manajemen keuangan akan memudahkan dalam memilah apa saja yang menjadi kebutuhan dan apa saja yang menjadi keinginan.
Hal yang perlu kamu tambahkan adalah menentukan prioritas kebutuhan tersebut. Kamu bisa memilah prioritas kebutuhan dalam anggaran sesuai dengan keuangan yang akan dialokasikan atau dianggarkan.
BACA JUGA:Gokil! Game Penghasil Uang 2025: Hadiah Rp150.000 Langsung Cair Tanpa Undang Teman!
BACA JUGA:Mengelola Uang: Cara Alokasi Gaji Rp 4 Juta untuk Pribadi atau Rumah Tangga
Mulai dari prioritas kebutuhan sehari-hari, prioritas kebutuhan dalam satu minggu sampai satu bulan, hingga target prioritas masa yang lebih panjang lagi.
Seperti; makan dan minum untuk prioritas kebutuhan sehari-hari, pembelian kuota internet untuk prioritas kebutuhan dalam seminggu sekali, rekreaksi liburan untuk prioritas kebutuhan dalam sebulan sekali.
3. Manajemen dalam Membuat Catatan Keuangan
Selain menyiapkan anggaran, kamu juga perlu membuat catatan dalam menentukan cara manajemen keuangan yang baik. Catatan keuangan ini berfungsi sebagai rincian terhadap pengeluaran dalam sehari-hari atau per bulannya.
Dengan mengetahui rincian pengeluaran yang dilakukan, maka kamu bisa melakukan evaluasi pengeluaran tersebut, dan memilah terhadap hal yang tidak diperlukan untuk kemudian hari.
BACA JUGA:Nonton Video YouTube dan Dapatkan Saldo DANA Gratis! Aplikasi Penghasil Uang 2025 Terbukti Membayar
BACA JUGA:Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Optimalisasi Kawasan Industri, BRI Jalin Kerja Sama dengan HKI
Mencatat keuangan bisa dilakukan pada buku saku khusus keuangan atau catatan di ponsel yang kamu miliki, atau beberapa aplikasi yang tersedia pada smartphone.
Tulislah catatan secara rinci dan lakukan secara konsisten agar kamu bisa selalu memantau setiap kali tiba waktu evaluasi.
4. Manajemen dalam Menabung
Pastikan kamu telah melakukan langkah-langkah di atas ya. Sebab, Menabung merupakan salah satu cara manajemen keuangan yang baik. Apalagi jika kamu saat ini sedang mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih stabil.
Dengan menabung, kamu harus menyisihkan uang yang dimiliki untuk kebutuhan di masa depan yang sifatnya terencana maupun tidak terencana. Harapannya kamu tidak merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan di masa depan nanti jika ada target yang ingin dicapai.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: