5 Teknik Pengereman Motor Matic yang Aman di Jalan Licin
Memasuki musim penghujan, kondisi aspal yang basah bercampur residu oli dan tanah menjadi "jebakan" tak terlihat bagi para pengendara sepeda motor.-istimewa-
SEMARANG – Memasuki musim penghujan, kondisi aspal yang basah bercampur residu oli dan tanah menjadi "jebakan" tak terlihat bagi para pengendara sepeda motor.
Bagi pengguna motor matic, tantangannya sedikit berbeda dibandingkan motor sport atau bebek.
Absennya engine brake yang signifikan membuat teknik pengereman menjadi kunci utama keselamatan.
Motor matic Honda, mulai dari Honda Beat, Vario, hingga PCX dan ADV, sebenarnya telah dilengkapi fitur pengereman canggih seperti Combi Brake System (CBS) maupun Anti-lock Braking System (ABS).
BACA JUGA:Astra Motor Jateng Ajak 15 Bikers Honda CBR250RR Ikuti Track Day Mandalika 2025
BACA JUGA:Astra Motor Racing Team Konsisten Podium di Final Mandalika Racing Series 2025
Namun, teknologi hanyalah alat bantu, tangan pengendara-lah penentunya.
Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan,
ada 5 (Lima) teknik krusial pengereman motor matic saat menghadapi jalanan licin.
"Teknik "Engine Brake" yang lembut, komposisi rem yang proporsional, pengereman bertahap, hindari pengereman saat menikung, di tikungan, sebagian besar traksi digunakan untuk membelok. Jika ditambah beban pengereman akan melampaui batas cengkeraman ban," katanya.
Motor matic Honda dirancang dengan teknologi yang canggih dan andal. Namun, teknologi terhebat sekalipun hanya menjadi alat bantu.
Faktor terpenting dalam keselamatan berkendara tetaplah sang pengendara sendiri. Rem adalah sahabat dalam mengendalikan laju kendaraan, dan di jalan licin, ia adalah penjaga nyawa kita. Tetap waspada, dan hati-hati di jalan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

