Baru Meminang Isuzu Panther, Inilah Cara Merawat AC Isuzu Panther, Dijamin Dingin!

Baru Meminang Isuzu Panther, Inilah Cara Merawat AC Isuzu Panther, Dijamin Dingin!

Cara merawat AC Isuzu Panther agar tetap dingin.-Instagram -

RADARPEKALONGAN – Pernah mendengar istilah bahwa AC Isuzu Panther ini sangat dingin? Ternyata inilah cara merawat AC Isuzu Panther, agar tetap dingin dan tahan lama.

Apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya, tentunya kamu membutuhkan kinerja AC yang maksimal, agar kamu tidak merasa kepanasan di dalam mobil.

Tentunya agar AC mobil panthermu tetap dingin dan tahan lama, kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat AC Isuzu Panther.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara merawat AC Isuzu Panther, kamu harus mengetahui terlebih dahulu, bahwa selain komponen material AC yang dipasang di mobil  juga terdapat Freon.

BACA JUGA:Jarang Dilirik, Inilah Spesifikasi Isuzu Panther 2017, Bisa Buat Bahan Cumi Darat!

Dengan penggunaan AC mobil yang terlalu lama, maka dapat menyebabkan Freonnya bisa cepat habis, hal itu biasanya ditandai dengan suara atau bunyi “cess”, dan biasanya juga bunyinya agak panjang.

Nah, jika AC mobil Panthermu sampai kehabisan Freon, biasanya ada masalah pada bagian sil, evaporator, kondesoner ataupun selang yang mengalami kerusakan atau kebocoran.

Namun tenang saja kamu tidak perlu panik dan khawatir, karena kami akan memberikan informasi mengenai cara merawat AC Isuzu Panther, agar tetap dingin dan tahan lama, simak sampai selesai ya.

BACA JUGA:Tenang, Meski Produksinya Dihentikan, Suku Cadang Isuzu Panther Tetap Tersedia hingga 8 Tahun ke Depan

Menganti Freon secara berkala

Cara merawat AC Isuzu Panther yang pertama harus kamu lakukan adalah, mengganti Freonnya secara berkala, usahakan untuk menguras Freon dalam jangka waktu satu tahun sekali.

Ingat ya guys, jangan terlalu kelamaan, ataupun terlalu cepat, kamu bisa menggantinya pada 20.000 kilometer, ini waktu yang cukup aman.

Usahakan juga, untuk mengganti Freonnya dengan yang asli, serta memiliki kualitas terbaik, jangan menggunakan yang kw, sebab tidak baik untuk jangka panjangnya.

BACA JUGA:Rajanya Diesel, Isuzu Panther 2017 Ternyata Paling Banyak Dicari, Ini Sebabnya

Menjaga RPM agar tetap stabil

Perlu diperhatikan juga, ketika membawa mobil dan posisi AC menyala, kamu harus menjaga RPM nya, agar tidak terlalu tinggi.

Hal ini dikarenakan AC milik Isuzu Panther, tidak didesain atau dirancang untuk menyala dalam kecepatan yang lumayan tinggi, ataupun putaran mesin tinggi.

Salah satu langkah yang baik adalah, ketika kamu ingin melaju melebihi 4000 rpm, sebaiknya matikan AC nya, hal ini bertujuan agar kondisinya tetap terjaga.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Bagus, Daihatsu Terios 2023 atau Toyota Rush 2023, Simak Sampai Selesai!

Jangan menyalakan AC ketika mesin hidup namun tidak jalan

Jika kamu sedang terjebak di kemacetan, lebih baik AC mobilnya dimatikan, agar umur AC juga lebih panjang tidak mudah rusak.

Jangan menunda waktu ketika mengganti Freon

Hal ini dilakukan karena Freon lama-kelamaan akan mengalami yang namanya penguapan, dan kembali ke sifat aslinya yaitu cairan.

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk mengganti Freon AC Isuzu Panther setiap satu tahun sekali atau ketika 20.000 kilometer, seperti yang direkomendasikan diatas.

BACA JUGA:Kompetitornya Panik, Inilah Kelebihan Toyota Rush GR Sport, Tertarik Memilikinya?

Menjaga kebersihan interiornya

Usahakan untuk rutin membersihkan interior mobilmu, sebab jika terdapat sampah ataupun kotoran didalamnya, dapat disedot oleh evaporator, dan mengakibatkan munculnya bau tidak sedap, yang keluar dari kisi-kisi AC.

Jika kamu mengalami AC mobil Isuzu Panthermu bermasalah, segeralah membawanya ke bengkel spesialis AC langganamu.

Jika AC tidak dingin jangan memaksa melakukan perjalanan

Umumnya, jika terjadi hal seperti ini, menandakan bahwa Freon sudah hampir habis, atau bahkan juga sudah kehabisan.

Dan jika dipaksakan, yang dikhawatirkan adalah, kompresor AC mobil Isuzu Panterhmu akan cepat mengalami kerusakan, dan membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk perbaikannya.

BACA JUGA:Ketahui Sebelum Membeli, Inilah Perbedaan Toyota Rush Type G dan Type S, Kamu Harus Tahu!

Melakukan pengecekan di bagian selang air yang terhubung ke AC

Hal ini penting sekali untuk dilakukan, sebab bagian ini bisa saja tersumbat kotoran ataupun terlipat bahkan mengalami kebocoran.

Misalnya saja, ketika kamu mendapati tetesan air dari AC, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksanya pada bagian selang tersebut.

BACA JUGA:Kok Masih Banyak Dicari, Ternyata Ini Kelebihan Toyota Rush 2019, Apakah Kamu Tertarik?

Jika selang Freon mengalami kebocoran, maka Freon akan cepat habis

Jika sudah terjadi seperti itu, kamu harus segera mengganjalnya menggunakan spon ataupun pipa yang sebelumnya sudah dibelah, agar tidak terjadi gesekan secara langsung.

Nah itulah beberapa cara merawat AC Isuzu Panther yang bisa kamu lakukan, jika kamu tidak begitu paham kamu bisa membawanya ke bengkel AC langgananmu ya guys.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: