7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bumbu Masak yang Ampuh Cegah Hipertensi

Selasa 20-06-2023,23:40 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

RADARPEKALONGAN - Daun salam sudah lama digunakan untuk bumbu masak di dapur. Tak disangka, selain mampu menciptakan citarasa yang unik pada masakan, daun salam ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stres, penghilang rasa nyeri, hingga ampuh untuk mencegah hipertensi.

Daun salam mengandung banyak vitamin dan senyawa baik. Di antaranya, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, alkaloid, steroid, tannin, triterpenoid, dan flavonoid. Dengan banyaknya kandungan inilah membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Baca juga:Hipertensi pada Ibu Hamil Membahayakan, Ini Penyebabnya dan Tips yang Bisa Dilakukan

Berikut manfaat daun salam bagi kesehatan versi Kementerian Kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusan daun salam mengandungan vitamin B6, B12, C, dan D mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Minum air rebusan daun salam secara teratur, akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik, sehingga membuat orang tidak mudah terserang penyakit. 

Caranya gampang! Cukup ambil 10 daun salam segar. Siapkan tiga gelas air. Rebus daun salam dalam tiga gelas air tersebut hingga tersisa satu gelas. Minum airnya secara teratur.

2. Penghilang rasa sakit

Daun salam mengandung minyak atsiri yakni eugenol dan methyl chavicol. Minyak atsiri ini efektif membunuh bakteri dan jamur, serta mampu mengobati peradangan dan nyeri umum seperti rematik, keseleo, dan artritis. Pijat badan dengan minyak daun salam akan meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman, sehingga dapat meredakan migrain dan sakit kepala.

3. Menurunkan kadar asam urat

Kandungan senyawa aktif miristin, kuersetin, dan mirisetin dalam daun salam bisa menurunkan kadar asam urat. Rebus daun salam dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari untuk mengatasi asam urat.

4. Menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida

Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin. 

Baca lagi:15 Makanan Penurun Hipertensi, Murah dan Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

5. Mencegah hipertensi

Kategori :