Jangan Tidur di 2 Waktu Ini, Bisa Mendatangkan Penyakit

Kamis 24-08-2023,08:02 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN - Badan memang butuh tidur untuk istrirahat agar kesehatan tetap terjaga. Namun, tidur pun ada aturannya, termasuk jangan tidur di 2 waktu ini bisa mendatangkan penyakit.

Tidur tak sekedar bermanfaat untuk mengistirahatkan berbagai organ tubuh. Namun tidur penting untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan jantung. 

Sebaliknya, tidur yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan gangguan tubuh. Diantaranya, gangguan sistem imun, menurunkan hormon pertumbuhan, menurunkan kemampuan memori dan mengakibatkan gangguan pada fungsi organ lainnya. Produktivitas seseorang pun akan terganggu jika kurang tidur.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan untuk segera beristirahat usai salat Isya. Kecuali ada alasan khusus untuk begadang seperti belajar atau ada hal-hal lain yang penting.

Baca juga:Jangan Tidur di Pagi Hari, Rezeki Bisa Seret

Tidur pun ada aturan waktunya. Sebab tidur di waktu yang tidak tepat bukan hanya tidak mendatangkan manfaat, namun justru mengundang penyakit. 

Menurut dr R. Cahyono Sp Naturopathy seperti dilansir dalam video di kanal Youtube Reza Andriansyah SE, dilihat pada Kamis, 24 Agustus 2023, mengungkapkan, ada dua waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur. Yakni, tidur setelah salat Ashar hingga menjelang Mahgrib dan tidur setelah salat Subuh.

Menurut dr R. Cahyono Sp Naturopathy, tidur setelah salat Ashar akan menurunkan daya tahan tubuh. Sedangkan, tidur di waktu setelah salat Subuh menyebabkan pikun.

Menurutnya, jika tidur sehabis salat Subuh tidak hanya meningkatkan risiko sakit diabetes tapi penyakit lainnya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengatakan jika kita tidur setelah salat Subuh akan meningkatkan risiko pikun. 

Baca lagi:Cara Tidur Berkualitas Sesuai Rasulullah, Agar Tubuh Bugar di Pagi Hari dan Sehat

"Kita dilarang tidur menjelang Mahgrib. Bukan karena takut ketindihan setan ya. Secara medis, orang yang biasa tidur antara Ashar hingga Maghrib itu akan menurunkan daya tahan tubuh. Jadi gampang sakit infeksi kalau tidur menjelang Mahgrib," terang dr R. Cahyono 

"Jadi sekali lagi kalau setelah salat Subuh itu gampang pikun karena aliran darah ke otak tersumbat jadi stroke penyakitnya, tapi kalau tidur setelah Ashar hingga menjelang Mahgrib itu daya tahan tubuh kita akan menurun," tandasnya. (*)

Kategori :