Anti Gagal, Inilah 7 Cara Merawat Tanaman Hidroponik agar Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

Kamis 14-09-2023,07:05 WIB
Reporter : Yanuar Faturahman
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN - Cara merawat tanaman hidroponik harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan tanaman yang sehat dan dapat tumbuh dengan subur. Adapun cara merawat tanaman hidroponik ini sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan.

Hidroponik adalah suatu metode dalam budidaya tanaman dengan menggunakan air sebagai media tanamnya. Metode hidroponik sebenarnya sudah ada sejak tahun 1983, namun belum dikembangkan secara luas.

Saat ini, metode hidroponik mulai dikembangkan secara luas, bahkan sedang menjadi tren di wilayah perkotaan, terutama di rumah yang memiliki lahan yang sempit.

Di Indonesia, metode hidroponik lebih banyak dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayuran, seperti selada, sawi, pakcoy, kailan dan sayuran daun lainnya.

Menanam sayuran dengan metode hidroponik selain dapat panen dengan lebih cepat, tanaman juga biasanya dapat tumbuh lebih sehat karena kalian dapat mengontrol atau membatasi penggunaan pupuk dan pestisida kimiawi.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Inilah 7 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cepat Panen, Buktikan Sendiri Di Rumah

Meskipun begitu, kalian harus tetap melakukan perawatan dengan benar agar mendapatkan hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa cara merawat tanaman hidroponik dengan benar agar mendapatkan tanaman yang sehat dan dapat tumbuh dengan subur.

Cara Merawat Tanaman Hidroponik

1. Kualitas Air

Cara merawat tanaman hidroponik yang pertama yaitu dengan rutin mengecek kondisi dan kualitas air di bak penampungan.

Pengecekan kondisi dan kualitas air di bak penampungan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Selalu pastikan air di bak penampungan dalam kondisi yang bersih.
  • Dianjurkan untuk rutin mengganti air di bak penampungan setiap 4 hari sekali.
  • Usahakan untuk menggunakan bak penampungan air dengan wadah yang bening atau transparan agar lebih mudah dalam mengamati kondisi dan ketersediaan air.
  • Jangan mengisi bak penampungan air secara penuh agar pada saat dikuras tidak terlalu banyak air yang dibuang, idealnya isi tiga seperempat bagian saja.

Baca Juga: Sangat Mudah, Inilah Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Di Dalam Pot yang Wajib Diketahui Pemula

2. Larutan Nutrisi

Cara merawat tanaman hidroponik yang selanjutnya yaitu dengan rutin mengecek kondisi larutan nutrisi.

Penting untuk selalu mengecek dan mengontrol kondisi dan ketersediaan larutan nutrisi karena praktis hanya dari sinilah tanaman mendapatkan asupan nutrisinya.

Kategori :