7 Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Kucai, Pastikan Tanaman Bisa Tumbuh Subur

Jumat 22-09-2023,00:01 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Akhmad Saefudin

Hal semacam ini untuk mencegah syok transplantasi pada tanah. Syok transplantasi adalah suatu keadaan ketika tanaman merasa syok, disebabkan perpindahan dari tempat asal ke tempat baru.

3. Memulai Penggalian Tanah

Adapun metode panduan lengkap cara menanam tanaman kucai ini dengan menggali tanah sebelum melakukan penanaman bibit atau benih tanaman.

Kalian bisa memulai menggali tanah hingga kedalaman 5.1 sampai 10.2.  kemudian, masukkan benih tanaman kucai dan tutup tanahnya kembali.

4. Penanaman Tanaman Kucai

Masukkanlah tiap bibit kucai kesetiap lubang yang sudah digali tadi. Lalu, setelah memasukkan bibit tanamannya, maka tutup kembali atau kubur kembali tanahnya.

5. Penyiraman Rutin

Kalian dapat melakukan penyiraman kucai dengan air setiap beberapa hari. Pastikan, tanah harus tetap lembab saat kalian menyiraminya.

Jangan siram terlalu banyak air, cukup siram sedikit air ketika tanahnya mulai mengering.

6. Melakukan Pemupukan

Tanaman yang baik, pada saat tanamannya diberikan pupuk secara berkala. Tanaman akan tumbuh dengan baik jika kalian menambahkan pupuk setiap tiga sampai empat.

Pilihlah campuran pupuk 20-20-20 atau masing-masing mewakili nitrogen, fosfor dan kalium. Lalu, sebarkan di tanah sesuai kemasan instruksi pada pupuk yang kalian beli.

7. Penambahan Jerami

Hal ini perlu kalian perhatikan, jika kalian takut akan gulma bisa menambahkan jerami ini. Taruh lapisan jerami ini di tanah untuk memblokirnya.

Tambahkan lapisan jerami hingga 2,5 sampai 5,1 ke permukaan tanah supaya untuk menghalangi gulma dan tentunya menjaga kelembapan tanah dalam waktu yang lama. 

Baca Juga: Ampuh Mencegah Osteoporosis, Inilah 5 Manfaat Tanaman Kucai Wajib Kamu Ketahui

Kategori :