Mirip! 4 Perbedaan Mendasar Kucai dan Daun Bawang, Sama-sama Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Selasa 26-09-2023,02:05 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Akhmad Saefudin

3. Penggunaan Masakan

Perbedaan mendasar kucai dan daun bawang selanjutnya, jika kucai dan daun bawang digunakan dalam masakan dengan cara yang berbeda. 

Kucai sering digunakan dalam masakan tumis, sup, dan hidangan dengan panas tinggi lainnya karena memiliki ketahanan panas yang baik. 

Biasanya, bagian batang kucai dipotong kecil-kecil dan dimasak terlebih dahulu sebelum ditambahkan bahan lainnya. 

Sedangkan daun bawang itu, sering digunakan sebagai hiasan atau garnish pada hidangan seperti mie pangsit, nasi goreng, atau bubur.

4. Manfaat Kesehatan

Perbedaan mendasar kucai dan daun bawang terakhir yang kalian perlu pahami baik kucai maupun daun bawang, keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan. 

Baca Juga: 10 Manfaat Mengkonsumsi Kucai untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya dapat Mengelola Stres

Kucai mengandung vitamin C, vitamin K, dan serat makanan. Vitamin C baik untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit, sedangkan vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. 

Sementara kandungan pada daun bawang mempunyai kandungan antioksidan dan fitonutrien yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Kedua tanaman ini juga memiliki sedikit kalori sehingga cocok untuk mereka yang peduli dengan asupan kalori.

Meskipun seringkali disamakan, antara kucai dan daun bawang, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal penampilan, rasa, penggunaan dalam masakan serta manfaat kesehatan. 

Kucai cenderung lebih tajam dalam rasa dan sering digunakan dalam masakan panas, sementara daun bawang memiliki rasa yang lebih ringan dan digunakan sebagai garnish. 

Baca Juga: Perhatikan! 3 Cara Memanen Tanaman Kucai dengan Baik, Cek Fakta dan Kebenarannya

Mengenal Jenis-jenis Kucai dan Manfaatnya, Recommended Buat Kamu yang Mulai Suka Tanaman Ini

Demikian ulasan tentang perbedaan mendasar kucai dan daun bawang yang perlu kalian pahami. Jadi, jangan sampai salah lagi ya, membedakan kucai dan daun bawang. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :