6 Cara Mudah Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Melalui Karakteristik Mereka, Asli Sweet Banget!

Selasa 26-09-2023,15:47 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Membedakan lovebird jantan dan betina melalui karakteristik mereka merupakan cara lain dari melihat ciri fisiknya.

Namun, sebelum mengetahui cara membedakan lovebird jantan dan betina melalui karakteristik mereka, yuk kita kenalan dulu sama lovebird si burung cinta ini.

Lovebird sendiri merupakan burung dari genus Agapornis yang berhabitat di memiliki ragam jenis dan berhabitat di beberapa tempat. Sebab, ada jenis lovebird yang berasal dari Afrika, dan ada juga yang berasal dari madagaskan.

Burung yang dikenal dengan kicauan dan warna bulunya yang indah ini memiliki bobot sekitar 60 gram dengan panjang kurang lebih 13-17 cm.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah 8 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

BACA JUGA:Auto Cuan Banyak, Inilah 7 Cara Budidaya Burung Lovebird yang Mudah Diterapkan untuk Pemula

Lovebird ini merupakan burung yang sangat suka bersosialisasi. Jika sejak awal mereka dipelihara sepasang, maka mereka akan cenderung berdekatan dan tidak bisa dipisahkan.

Selain itu, burung ini berpasangan secara monogami yang mana setia dengan pasangan.

Jadi, jika kalian berniat memasangkan lovebird yang kalian punya, maka lakukanlah secara perlahan, karena mereka tidak bisa dipasangankan dengan paksasaan.

Nah, setelah mengenal sedikit tentang lovebird, yuk saatnya kita ketahui cara membedakan lovebird jantan dan betina melalui karakteristik mereka. Berikut ini caranya.

BACA JUGA:Gacor Lagi dalam 1 Minggu! Inilah Cara Mengatasi Lovebird yang Macet Bunyi yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Perhatikan Ini! Ciri Fisik dan Karakteristik Lovebird Ijo Standar, Pemegang Juara 1 Burung Kicau

1. Suara Lovebird

Cara pertama membedakan lovebird jantan dan betina melalui karakteristik mereka adalah dengan mendenar suara lovebird tersebut.

Biasanya lovebird jantan memiliki suara yang lebih keras saat berkicau. Selain itu, lovebird jantan juga sering mengeluarkan suara ngekek panjang saat sendirian. Sedangkan lovebird betina, mereka mempunyai suara yang lebih keras dibandingkan lovebird jantan saat berkicau.

2. Cara Bertengger

Cara kedua yakni dengan melihat cara bertengger lovebird. Jika diperhatikan, lovebird jantan akan bertengger dengan kaki yang merapat, berbeda dengan si betina akan cenderung melebarkan sedikit kakinya.

Hal tersebut dikarenakan jarak tulang pubis betina yang lebih lebar dan berjauhan dibandingkan si jantan yang cenderung menyempit.

BACA JUGA:Jangan Mau Ditipu Pedagang Nakal! Ini Dia Jenis-jenis Burung Perkutut dan Harganya di Pasaran

BACA JUGA:Para Sultan Kicau Mania Wajib Beli! Inilah 6 Jenis Burung Kicau Termahal, Ada yang Mencapai 30 Jutaan

3. Cara Membangun Sarang

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan perilaku burung saat membangun sarang. Dibandingkan jantan, lovebird betina memang paling aktif membangun sarang.

Biasanya dalam membangun sarangnya lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang.  Sedangkan lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada betina dan membiarkan si betina membangun sarang.

3. Saat Birahi

Membedakan jenis kelamin burung lovebird bisa dilihat dari tingkah laku mereka saat sedang birahi.  Saat birahi tingkah laku lovebird jantan ini biasanya mendekati betinanya dan manggut-manggut.

Selain itu, lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara berbunyi “tek tek tek” atau “cit cit cit”. Hal ini ia lakukan untuk menarik perhatian si betina.

BACA JUGA:Bisa Buat Beli Motor! 4 Jenis Burung Kicau yang Punya Harga Sangat Mahal

BACA JUGA:5 Tips Memilih Sangkar Burung Pleci yang Tepat, Bisa Bikin Burung Jadi Nyaman dan Berkicau Makin Sering!

Berbeda dengan lovebird betina. Lovebird betina cenderung menunduk dengan membentangkan sayapnya dengan lebar. Tingkah laku ini sering disebut dengan posisi “ngleper”.

Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai tanda bahwa mereka sedang menarik perhatian lovebird jantan.

4. Sifat

Sifat antara lovebird jantan dan betina ini jauh berbeda. Karena biasanya lovebird jantan memiliki sifat lebih agresif dibandingkan si betina.

Lovebird jantan ini memiliki sifat gesit, aktif, dalam agresif dalam kesehariannya. Terutama jika ia sedang menarik perhatian pasangannya.  Sementara lovebird betina memiliki sifat lebih pasir dan terkesan malas jika disandingkan dengan si jantan.

BACA JUGA:Lovebird Mania Wajib Tahu! 3 Langkah Melatih Mental Burung Lovebird, Auto Gak Minder Lagi

BACA JUGA:Dijamin Tumbuh Sehat dan Kuat! Ini 7 Makanan Burung Lovebird Lengkap dengan Harganya

5. Cincin Emas Atau Jarum

Cara terakhir membedakan lovebird jantan dan betina melalui karakteristik mereka yakni dengan menggunakan cincin.

Caranya cukup mudah, siapkan cincin emas dengan tali sepanjang 15-20 cm. Ikat tali pada cincin tersebut, lalu pegang lovebird dengan tangan kiri usahakan bagian kepala jauh dari genggaman tangan.

Setelah itu, tempatkan cincin emas di atas kepala lovebird sekitar 3-5 cm, lalu perhatikan gerakan cincin.

Jika cincin bergerak searah maju mundur, maka bisa dikatakan itu adalah lovebird jantan. Sedangkan ketika cincin bergerak memutar berarti lovebird yang dipegang adalah betina. (*)

Kategori :