Mengenal 4 Jenis Burung Murai di Indonesia, Burung Kicau Populer dan Menjadi Primadona Para Kicau Mania

Selasa 26-09-2023,18:27 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Selain murai batu medan, masih ada lagi jenis burung murai batu di Indonesia. Yuk kenalan satu-satu dengan mereka semua.

Namun, sebelum berkenalan satu-satu, kita ketahui dulu nih, apa sih burung murai batu ini. Burung murai batu atau yang dikenal dengan nama Kucica Hutan ini tergolong dalam familiki Muscicapidar atau burung cacing.

Burung ini tersebar di Seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian Pulau Jawa.

Murai batu saat ini menjadi salah satu jenis burung kicau termahal dan primadona di Indonesua. Hal ini dikarenakan, ia emmiliki fisik yang menawa dan mengeluakan kicauan yang merdu.

BACA JUGA:7 Burung Kicau Paling Populer di Indonesia, Punya Suara Merdu dan Warna yang Indah!

BACA JUGA:5 Jenis Burung Lovebird Petarung Terbaik dengan Kicauan yang Merdu dan Warna Cantik

Jadi, dari berbagai kontes burung, selain lovebird, murai batu inilah yang paling bergengsi. Jadi tak heran jika burung ini selalu menjadi salah burung peliharaan para sultan.

Ada banyak jenis burung murai di Indonesia yang mana memiliki ciri fisik dan kicauan yang berbeda-beda.

Dengan banyaknya pecinta murai, yuk kita ketahui beberapa jenis murai di Indonesia dan harganya mulai dari yang murah hingga mahal.

1. Murai Batu Kalimantan/Borneo

Jenis murai batu di Indonesia yang pertama adalah Murai Batu Kalimantan atau Borneoe. Jenis burung murai yang satu ini memiliki tatapan yang sangat tajak, sehingga mampu membius para pecintanya.

BACA JUGA:Peluang Menang Meningkat, Ini 5 Jenis Lovebird yang Bisa Dilombakkan Kicauannya

BACA JUGA:Bisa Buat Beli Motor! 4 Jenis Burung Kicau yang Punya Harga Sangat Mahal

Burung murai batu jenis ini memiliki tiga jenis, yakni murai batu banjar, murai batu palangka, dan murai batu mahkota. Namun, orang-orang sering menyebut mereka sebagai murai batu borneo atau kalimantan.

Untuk ciri fisiknya sendiri, burung ini memilki panjang ekor sekitar 8-13 cm. Bulu dada didominasi warna cokelat cerah yang mana semakin cerah warna cokelatnya, maka semakin kuat juga mental yang dimilikinya.

Untuk harganya sendiri, murai batu kalimantan ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp600.000 hingga Rp1.500.000/ekor.

Harga tersebut bisa saja lebih tinggi, melihat dari kondisi fisik dan penghargaan yang diraih oleh burung murai ini.

BACA JUGA:Auto Cuan Banyak, Inilah 7 Cara Budidaya Burung Lovebird yang Mudah Diterapkan untuk PemulaBACA JUGA:Para Sultan Kicau Mania Wajib Beli! Inilah 6 Jenis Burung Kicau Termahal, Ada yang Mencapai 30 Jutaan

2. Murai Batu Palangka Borneo

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa murai batu kalimantan memiliki tiga jenis, salah satunya ialah murai batu palangkan borneo ini.

Jenis burung murai di Indonesia ini penyebarannya di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Ia memiliki ciri fisik yang khas berupa ekornya yang panjang. Panjang ekor dari murai batu jenis ini yakni sekitar 15-18 cm.

Pada bagian dada burung murai batu palangka ini berwarna coklat sampai coklat tua. Selain itu, kaki yang berwarna hitam, kadang coklat kemerahan dan putih kekuningan.

Untuk harganya sendiri, murai batu palangka borneo ini dibanderol mulai dari Rp.600.000 hinga lebih dari Rp.1.500.000/ekor.

BACA JUGA:Jangan Mau Ditipu Pedagang Nakal! Ini Dia Jenis-jenis Burung Perkutut dan Harganya di Pasaran

BACA JUGA:Auto Cuan Banyak, Inilah 7 Cara Budidaya Burung Lovebird yang Mudah Diterapkan untuk Pemula

3. Murai Banjar Borneo

Selain murai batu palangka, murai banjar borneo juga masuk ke dalam jenis murai kalimantan. Berbeda dengan murai batu palangan, murai banjar ini penyebarannya berada di Kalimatan Timur dan Kalimantan Selatan.

Jenis burung murai di Indonesia yang satu ini dinilai masyarakat memiliki mental yang kuat dalam bertarung. Sehingga kerap memenangkan kontes kicau.

Untuk ciri fisiknya, burung murai jenis ini memiliki panjang ekor berkisar 10-15 cm. Sedangkan untuk warna bulu, ia memiliki warna cokelat terang pada area dada, warna hitam pekat atau cokelat kehitaman pada area kaki.

Untuk harganya sendiri, murai batu banjar ini dibanderol mulai dari Rp600.000 hinga lebih dari Rp1.500.000/ekor.

BACA JUGA:3 Resep Makanan Racikan agar Burung Kenari Cepat Gacor dan siap lomba, Ayo Buktikan Sendiri!

BACA JUGA:Jenis Burung Kenari dan Harganya di Pasaran, Dari Lokal Hingga Impor!

4. Murai Batu Mahkota Borneo

Jenis terakhir dari burung murai kalimantan adalah burung murai batu mahkota borneo. Jenis burung murai di Indonesia ini memiliki keunikan yang tidak dimilikioleh jenis murai kalimantan lainnya.

Keunikan tersebut terletak pada mahkotanya yang berwarna putih yang tentunya terletak di bagian atas kepalanya. Namun secara keseluruhan, ciri fisik dari murai batu mahkota ini hampir mirip dengan murai banjar.

Berbeda dengan dua jenis burung murai kalimantan di atas, murai batu mahkota ini memiliki penyebaran di sekitar Kalimantan Utara hingga Malaysia.

Untuk harganya sendiri, murai mahkota borneo ini dibanderol mulai dari Rp600.000 hinga lebih dari Rp1.500.000/ekor. (*)

Kategori :