Pecinta Lovebird Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Indonesia Tahun 2023

Rabu 27-09-2023,09:00 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Selain dijuluki sebagai jawaranya kicau, kalian juga bisa menemukan jenis burung lovebird tercantik yang mana memiliki keindahan yang mampu memikat hati para kicau mania.

Lantas apa saja ya kira-kira yang masuk ke dalam nominasi jenis burung lovebird tercantik? Yuk cari tau jawabannya di bawah ini.

Berikut ini beberapa jenis burung lovebird tercantik di Indonesia

1. Lovebird Abisinia

Jenis burung lovebird tercantik yang pertama adalah Lovebord Abisinia. Lovebird yang juga dikenal dengan nama Lovebird Abyssinian ini merupakan salah satu jenis lovebird yang menjadi primadona di Indonesia.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah 8 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

BACA JUGA:Auto Cuan Banyak, Inilah 7 Cara Budidaya Burung Lovebird yang Mudah Diterapkan untuk Pemula

Sebab, selain memiliki penampilan yang cantik, burung lovebird jenis ini juga memiliki sifat yang aktif dan ceria. Selain itu, lovebird jenis ini juga suka bermain dengan mainan dan peralatan yang disediakan pemiliknya.

Burung yang berasal dari Ethiopia ini memiliki bulu berwarna hijau kekuningan yang terang dengan corak merah, biru, dan hitam yang cantik pada kepala dan lehernya.

Tidak hanya suka bermain dan ceria saja, Lovebird Abisinia ini juga digadang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Sehingga tak heran ada beberapa pemiliknya yang melatih lovebird jenis ini untuk melakukan trik-trik sederhana, seperti menirukan suara atau melakukan gerakan tertentu.

2. Lovebird Cobalt

Jenis burung lovebird tercantik yang berikutnya adalah Lovebird Cobalt. Lovebird yang satu ini merupakan jenis burung lovebird yang berasal dari daerah pesisir barat daya Afrika.

BACA JUGA:Peluang Menang Meningkat, Ini 5 Jenis Lovebird yang Bisa Dilombakkan Kicauannya

BACA JUGA:5 Jenis Burung Lovebird Petarung Terbaik dengan Kicauan yang Merdu dan Warna Cantik

Sesuai namanya “Cobalt”, bulu dari lovebird jenis ini berwarna biru cerah yang tampat seperti warna kobalt.

Dijadikan sebagai jenis burung lovebird tercantik karena Lovebird Cobalt ini memiliki penampilan yang sangat menarik dengan warna biru pada bulunya yang indah dan mencolok.

Oleh karena itu, dibandingkan menjadi burung petarung, Lovebird Cobalt ini lebih cocok dijadikan sebagai burung hias untuk menambah kesan ramai pada ruangan.

Selain memiliki bulu berwarna biru mencolok, ciri fisik dari burung lovebird ini yaitu paruh yang pendek dan tebal yang berwarna merah, serta lingkar mata yang berwarna putih.

BACA JUGA:Yuk Kenalan dengan 5 Jenis Burung Lovebird, Harganya Fantastis!

BACA JUGA:Pemula Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Burung Kenari Beserta Ciri-cirinya

3. Lovebird Olive

Jenis burung lovebird tercantik dan juga merupakan lovebird paling populer di Indonesia yang selanjutnya adalah Lovebird Olive.

Sesuai namanya “Olive”, burung lovebird ini memiliki warna bulu dominan hijau zaitu dengan sedikit warna merah dan biru pada kepala dan ekornya.

Selain memiliki kicauan yang indah, daya tarik dari Lovebird Olive ni adalah sifatnya yang ramah dan mudah beradaptasi dengan manusia.

Mereka seing menunjukkan sikap baik dan penasaran dan cenderung merasa nyaman dan terikat dengan pemiliknya.

BACA JUGA:Awas Jangan Salah Beli! Ternyata Ini Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina yang Benar

BACA JUGA:Jenis Burung Kenari dan Harganya di Pasaran, Dari Lokal Hingga Impor!

Menariknya lagi, Lovebird Olive ini juga dikenal dengan kemampuan dalam menirukan berbagai macam suara, seperti suara ketukan pintu, bel, dering telepon, dan juga kicauan burung lain.

4. Lovebird Dakocan

Tahukah kamu, selain menjadi petarung yang hebat, Lovebird Dakocan ini juga menjadi salah satu dari jenis burung lovebird tercantik di Indonesia.

Lovebird yang berasal dari Pulau Jawa ini dikena sebagai burung yang aktif, lincah, dan ceria. Mereka senan berinteraksi dan bermain dengan pemiliknya ataupun pasangannya.

Dikenal sebagai burung lovebird tercantik karena Lovebird Dakocan ini memiliki bulu yang tebal, lebat, dan warna cerah yang indah dan menarik.

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! 7 Ciri Indukan Burung Nuri Unggulan dalam Budidaya

BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Burung Nuri yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan dan Keindahan Bulunya

Biasanya, bulu dari burung ini didominasi oleh warna hijau, biru, dan kuning, serta warna merah pada paruh dan perutnya.

5. Lovebird Parblue

Jenis burung lovebird tercantik yang akan terakhir di bahas adalah Lovebird Parblue. Sama dengan Dakocan, selain menjadi lovebird tercantik, Lovebid Parblue ini juga merupakan petarung yang handal.

Ia bisa mengeluarkan kicauan yang gacor atau ngekek panjang dan stabil. Namun di sini, aku ingin memberitahu kenapa Lovebird Parblue juga digadang menjadi jenis lovebird tercantik.

Hal ini dikarenakan, Lovebird Parblue memiliki warna bulu yang berbeda dari jenis lovebird lainnya. Bulu dari Lovebird Parblue ini memiliki warna biru muda atau kebiruan yang khas.

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! Inilah 9 Penyebab Lovebird Macet Bunyi Beserta Solusinya

BACA JUGA:Lovebird Mania Wajib Tahu! 3 Langkah Melatih Mental Burung Lovebird, Auto Gak Minder Lagi

Sehingga warna bulu tersebut terkesan cerah, indah, dan menawan.

Uniknya, Lovebird Parblue ini juga dapat menghasilkan keturunan dengan warna bulu yang lebih indah dan langka.

Oleh sebab itu, Lovebird Parblue betina sering dijadikan indukan lovebird unggulan yang nantinya dapat dikawinkan dengan sesama Lovebird Parblue atau pun lovebird jenis lain.

Itulah 5 jenis lburung lovebird tercantik di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk memelihara salah satunya? (*)

Kategori :