Masjid dan Pura di Linggoasri Kabupaten Pekalongan Raih Juara 2 Nasional Rumah Ibadah Moderasi

Rabu 04-10-2023,13:27 WIB
Reporter : Rifki

Setelah melalui penilaian portofolio, presentasi dan juga visitasi ke lapangan akhirnya Balai Litbang Kementerian Agama RI menetapkan Masjid At Taqwa dan Pura Kalingga menjadi Juara Nasional ke 2 kategori rumah ibadah moderasi beragama. 

Kepala kankemenag Kabupaten Pekalongan, H. Imam Tobroni menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan masjid dan Pura tersebut atas bimbingannya kepada masyarakat linggo Asri, dan juga kepada masyarakat linggo asri yang telah menjadikan moderasi beragama dalam kehidupannya. 

“Dua rumah ibadah ini yang keduanya dalam konteks sosial telah bekerjasama dengan baik. Dan kini tidak saja menjadi role model dan percontohan rumah ibadah moderasi beragama di Pekalongan namun sudah tingkat Nasional,” katanya.

Beberapa waktu sebelumnya, Didampingi sejumlah pejabat di Kankemenag Kabupaten Pekalongan, Penyuluh Agama, Kepala Kankemenag Imam Tobroni berkunjung ke dua rumah ibadah di Desa Linggo Asri Kecamatan Kajen, yaitu Pure Kalingga Satya Darma yang merupakan rumah Ibadah umat Hindu dan Masjid Attaqwa yang merupakan rumah ibadah umat Islam.

Dalam kunjungan tersebut sekaligus menetapkan dua rumah Ibadah tersebut sebagai rumah ibadah moderasi beragama, sebagaimana disampaikan oleh Imam Tobroni bahwa dua rumah ibadah tersebut sangat layak, dimana kehidupan para Jamaah yang saling berdekatan selalu menebar toleransi dan harmoni, saling membantu saat perayaan hari besar masing masing, sarana prasarana yang lengkap, tidak eksklusif dan terbangun suasana harmoni.

“Padahal jarak rumah ibadah yang berbeda agama tersebut hanya 200 M. Ini adalah tradisi rukun warisan leluhur yan perlu dilestarikan,” ujarnya. 

Kunjungan tersebut disambut dengan, penuh keramahan dan kegembiraan. Selanjutnya kata Imam nanti dua rumah ibadah tersebut akan diajukan dalam kontestasi lomba rumah ibadah moderasi tingkat nasional. 

Kategori :