Sambut Groundbreaking Pasar Banjarsari, Ratusan Pedagang Akan Kirab

Selasa 10-10-2023,20:33 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat
Editor : Wahyu Hidayat

Pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini dianggarkan melalui APBN 2023 melalui Kementerian PUPR.

Tender atau lelang paket pekerjaan pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini telah selesai, dengan pemenang lelang adalah PT Adhi Persada Gedung, nilai kontrak Rp131,4 miliar.

BACA JUGA:Akhirnya Nama Pemenang Lelang Proyek Pasar Banjarsari Diumumkan

BACA JUGA:Tender Pembangunan Pasar Banjarsari Diikuti 87 Peserta

Merujuk LPSE PUPR pada laman lpse.pu.go.id, penetapan dan pengumuman lelang telah dilaksanakan pada 30 Agustus 2023. Setelah melalui tahapan masa sanggah yang berakhir pada 4 September 2023. Kemudian jadwal penandatanganan kontrak tertulis pada 6 September 2023.

Sesuai dokumen lelang, pekerjaan konstruksi pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini berlangsung selama 365 hari kalender, terhitung sejak penandatanganan kontrak.

Dari laman LPSE tersebut diketahui, dari nilai pagu paket atau nilai HPS (Harga Perkiraan Sementara) Paket sebesar Rp164,267 miliar, PT Adhi Persada Gedung memenangkan tender, dengan memberikan harga penawaran Rp131,4 miliar.

Artinya, harga penawaran tersebut lebih rendah sekitar Rp33 miliar dibanding pagu anggaran (HPS). 

BACA JUGA:Kepala Staf Kepresidenan Janji Bantu Percepatan Pembangunan Pasar Banjarsari

BACA JUGA:DPRD Soroti Lelang Pembangunan Pasar Banjarsari, 10 Pengumuman Pemenang Tender Ditunda

Pekerjaan infrastruktur dengan nama paket Pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini dibiayai dari sumber pendanaan APBN 2023 melalui Kementerian PUPR, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Tengah.

Nantinya, konsep desain pasar Banjarsari adalah berkonsep pasar tradisional, 3 lantai, berisi 790 unit kios, 2.255 unit los, dan 128 unit toko dengan jumlah pedagang yang ditampung sekitar 3.170 pedagang. 

Untuk los, akan berukuran 1,25 meter × 2 meter. Kios berukuran 2 meter x 2,75 meter, dan toko berukuran 3 meter x 4 meter.

Direncanakan, lantai 1 diperuntukkan bagi kios pedagang sayuran, lantai 2 untuk pedagang konveksi, dan lantai 3 untuk pujasera serta perkantoran. (way)

Kategori :