Hapus Manfaat, Ini 7 Kesalahan Minum Kopi yang Tidak Kamu Sadari

Senin 16-10-2023,16:22 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Kondisi tersebut kemudian sangat berpotensi mengakibatkan dehidrasi, sehingga penting bagimu untuk mencukupi kebutuhan air putih harian agar terhindar dari risiko ini.

Sebab, dehidrasi juga bisa mendatangkan risiko kesehatan yang serius mulai dari pusing, sakit kepala, lemas, dan terganggunya fungsi kognitif lain.

Baca juga Ada Hari Kopi Sedunia! Ini 5 Fakta Tentang Kopi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Menambahkan Sirup, Gula, dan Pemanis Lain

Sangat umum jika kopi disajikan dengan menambahkan berbagai macam pemanis mulai dari gula, sirup, dan lainnya. Akan tetapi, campuran zat pemanis yang terlalu banyak ini akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang bisa memicu berbagai penyakit seperti liver, diabetes, hingga meningkatnya risiko penyakit jantung.

Menambahkan Whipped Cream

Citra rasa manis dan creamy tentu akan membuat siapa saja tergoda dengan sajian kopi yang dilengkapi whipped cream di atasnya. Namun, hal yang terlihat menggiurkan ini merupakan bentuk kesalahan dalam minum kopi karena whipped cream merupakan bahwan makanan tinggi kalori yang bisa meningkatkan berat badan dan memunculkan risiko masalah kesehatan lainnya.

Konsumsi Kopi Sebelum Tidur

Ini merupakan bentuk kesalahan minum kopi yang sering kali tidak disadari. Padahal, kesalahan minum kopi yang satu ini dapat memicu masalah kesehatan karena efek buruk yang turut serta.

Konsumsi kopi sebelum tidur bisa memicu munculnya sakit kepala, migrain, perasaan cemas, hingga perubahan suasana hati yang akan mengganggu aktivitasmu. Hal ini merupakan efek lanjutan karena mengonsumsi kopi sebelum tidur membuat kualitas tidurmu terganggu.

Minum Kopi dengan Suhu yang Panas

Sebaiknya, hindari menikmati kopi dengan suhu yang terlalu panas.

Penelitian telah membuktikan bahwa kesalahan minum kopi yang satu ini dapat memacu kanker esofagus. Meski penyebabnya bekum dipastikan secara pasti, pendapat populer menyebutkan bahwa minuman yang sangat panas cenderung dapat merusak lapisan kerongkongan sehingga rentan terhadap masuknya zat penyebab kanker seperti asap rokok, alkohol, dan lainnya.

Itulah beberapa kesalahan minum kopi yang perlu kamu hindari untuk mengedepankan kesehatanmu dan mendapatkan manfaat optimal dari kopi. (*)

Kategori :