Ada Hari Kopi Sedunia! Ini 5 Fakta Tentang Kopi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ada Hari Kopi Sedunia! Ini 5 Fakta Tentang Kopi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ada Hari Kopi Sedunia! Ini 5 Fakta Tentang Kopi yang Tidak Banyak Orang Tahu--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Sebagai salah satu minuman yang paling populer di berbagai kalangan, terdapat fakta tentang kopi yang tidak banyak orang tahu, padahal sangat unik dan menarik. 

Kopi tidak hanya sebagai minuman yang digandrungi banyak orang, tetapi juga menjadi budaya populer dengan maraknya coffee shop di berbagai daerah dengan pengunjung yang tidak pernah sepi.

Bisnis di bidang ini kemudian menjadi salah satu komoditas dengan volume perdagangan tertinggi.

Tidak terlepas dari fakta tersebut, terdapat fakta unik lain tentang kopi yang sangat menarik untuk kamu ketahui. Bahkan, terdapat hari yang ditetapkan sebagai hari kopi sedunia. Penasaran bagaimana lengkapnya? Yuk, ikuti sampai akhir!

Baca juga Turut Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Fisik dan Mentalmu!

1. Kopi Termahal Bukanlah Kopi Luwak

Bukan menjadi rahasia bahwa selama ini kopi luwak digadang-gadang sebagai biji kopi termahal di dunia. Akan tetapi, fakta tentang kopi yang pertama justru menemukan bahwa di kancah internasional, kopi luwak bukanlah yang termahal.

Kopi dengan harga tertinggi di dunia justru merupakan kopi yang berasal dari Thailand yang disebut dengan kopi black ivory.

Kopi black ivory ini merupakan kopi yang difermentasikan dengan enzim pencernaan gajah, berbeda dengan kopi luwak yang dicerna oleh enzim pencernaan luwak.

Kopi jenis black ivory ini bahkan dibanderol dengan harga $1.100 atau setara dengan Rp10 juta per kg atau $50 atau 480.250 per cangkirnya.

Kopi dengan harga termahal ini memiliki klaim rasa yang tidak terlalu pahit karena enzim pencernaan gajah memecah protein sebagai sumber rasa pahit dari biji kopi.

2. Larangan Konsumsi Kopi

Fakta unik selanjutnya tentang kopi adalah bahwa pernah ada pelarangan untuk minum kopi yang dilahirkan dalam 5 upaya yang sudah tercatat di sejarah.

Usaha pertama pelarangan ini terjadi di Makkah di tahun 1511 karena ulama meyakini bahwa minuman ini bisa merancang munculnya pemikiran radikal. Turki juga pernah melakukan pelarangan ini di negaranya karena menganggap kopi sebagai minuman yang menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: