Ketua TP PKK Widi Riswadi Membuka Lomba PAREEDI Tingkat Kabupaten Pekalongan

Selasa 24-10-2023,22:29 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

KAJEN - Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Widi Riswadi membuka Lomba Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) Kelompok Kerja (POKJA) 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan tahun 2023 di Aula Lantai 3 Setda Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan lomba PAREEDI diikuti oleh seluruh TP PKK kecamatan se-Kabupaten Pekalongan. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman TP PKK dan kader pola asuh anak tentang PAAREDI. 

Lomba ini menghadirkan tiga juri. Yaitu Wahyu Kuncoro, Anis Rosidi, dan Sri Setyaningsih.

Widi Riswadi, Selasa, 24 Oktober 2023, mengatakan, berbagai bentuk tindakan atau pola asuh orang tua (parenting) yang positif dan efektif bertujuan untuk membentuk karakter anak. Agar anak mengalami atmosfer kehidupan yang menyenangkan. 

Baca juga:PKK Galakan Gayeng Nginceng Wong Meteng

Baca lagi:Bersihkan Sampah di Kali Loji Kota Pekalongan, Begini Cara yang Dilakukan PKK dan DLH

“Anak-anak perlu diproteksi sejak dari keluarga dengan hal-hal yang positif, baik dan benar supaya dapat berkembang baik dalam kehidupan selanjutnya serta mampu mengendalikan diri berhadapan dengan pengaruh-pengaruh yang destruktif dari era digital," katanya.

Widi menjelaskan, program pola asuh anak remaja di era digital (PAAREDI) merupakan salah satu program prioritas Pokja I Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan. 

“Lomba PAAREDI memiliki tujuan untuk meningkatkan peran keluarga, yaitu orang tua dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga dengan penerapan pola asuh yang tepat,” jelasnya.

Ada enam strategi program dalam PAAREDI. Antara lain Keluarga Indonesia Sejahtera Harmonis (Kisah), Keluarga Indonesia Anti Trafficking (Kiat), Keluarga Indonesia Lindungi Anak terhadap Kekerasan seksual (Kilas), Keluarga Indonesia Sehat Anti Narkoba (Krisan), dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara serta Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Kisak).

“Harapan saya lomba ini bisa memotivasi kita dan masyarakat untuk mendampingi anak-anak dan remaja, khususnya dalam pembinaan karakter karena pembinaan karakter berawal dari keluarga," harap dia.

Kategori :