Bersihkan Sampah di Kali Loji Kota Pekalongan, Begini Cara yang Dilakukan PKK dan DLH

 Bersihkan Sampah di Kali Loji Kota Pekalongan, Begini Cara yang Dilakukan PKK dan DLH

PUNGUT SAMPAH - Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya beserta rombongan memunguti sampah plastik maupun sampah lain yang menutupi aliran Kaliloji, kemarin.-Abdurrahman-

PEKALONGAN - Untuk membersihkan aliran Kali Loji Kota Pekalongan dari sampah, Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan sejumlah organisasi perempuan lain terjun membersihkan aliran sungai setempat,  (15/9/2023).

Dalam pantauan, Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya beserta rombongan memunguti sampah plastik maupun sampah lain yang menutupi aliran sungai. Tampak mereka semangat melakukan aktivitas lingkungan.

Kepada awak media, Inggit Soraya mengatakan bahwa inisiasi aksi kebersihan sungai dan kesehatan lingkungan ini merupakan upaya tindak lanjut dari workshop peningkatan peran TP PKK untuk mewujudkan kawasan bebas sampah di akhir bulan Agustus lalu. 

Dikatakan Inggit, dalam kegiatan ini, TP PKK Kota Pekalongan menggandeng organisasi perempuan lainnya diantaranya GOW, Persit Chandra Kirana, Bhayangkari, Dharma Wanita, Himpaudi dan IGTKI Kota Pekalongan.

“Semuanya bergerak bersama menjaga lingkungan kita karena melihat kondisi sungai kita sangat memprihatinkan tercemar limbah, menimbulkan bau yang kurang enak, dan beberapa titik juga dipenuhi eceng gondok, juga oknum yang membuang sampah ke sungai masih banyak," geramnya.

Inggit menjelaskan personel yang melakukan aksi bersih sampah ini dibagi dalam 3 tim  yakni ada yang bertugas membersihkan sampah di pinggiran sungai, susur sungai sembari memungut sampah dan membersihkan di sekitar kontainer sampah sungai loji.

“Kita berharap ada kepedulian dari masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai kita supaya tetap bersih, jaga kebersihan lingkungan kita bersama-sama. Mulai dari diri sendiri karena tanpa kesadaran diri tentunya akan sulit untuk meninggalkan kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat atau di sungai ini. Selain itu pilah sampah juga harus dibiasakan mulai sekarang karena dengan pilah sampah kita bisa membantu mempermudah dan mempercepat pengelolaan sampah," pungkasnya. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: