TP PKK Kota Pekalongan Sosialisasi Kader Upaya Implementasi Keluarga Gagah Bencana

TP PKK Kota Pekalongan Sosialisasi Kader Upaya Implementasi Keluarga Gagah Bencana

Sosialisasi TP PKK Kota Pekalongan bersama kader.-FOTO-Dok. Istimewa

Radarpekalongan.co.id- TP PKK Kota Pekalongan melalui Pokja IV memberikan sosialisasi bagi kader PKK kecamatan, kelurahan dan 8 kelurahan binaan, dalam upaya peningkatan kapasitas kader PKK di Kelurahan Binaan dalam rangka mewujudkan keluraha tanggap dan tangguh (Gagah) Bencana yang berlangsung di aula Dindukcapil Kota Pekalongan, Rabu (26/6/2024).

BACA JUGA:Jaga Sumber Air, Pemkab Batang Tanam 60 Ribu Pohon

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya hadir memberikan apresiasi kepada Pokja IV yang telah menyelenggarakan sosialisasi ini.

"Keluarga gagah bencana dimulai dari peran ibu dalam keluarga sehingga mereka harus siap dan paham ketika ada bencana, tidak hanya bencana alam, namun juga harus bersiap untuk melakukan perencanaan kesehatan dan kebersihan lingkungan anggota keluarganya," ungkap Inggit dalam keterangan yang dibagikan.

BACA JUGA:Tiga Pelaku Pengguna dan Pengedar Sabu Dibekuk Satresnarkoba Polres Batang di Seputaran KIT Batang

Menurutnya, seorang Ibu memiliki peranan penting untuk bisa tanggap dan sanggup melakukan penangganan awal ketika terjadi bencana di keluarga.

BACA JUGA:Sejumlah Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Kursi Roda dan Alat Bantu Dengar dari Polres Batang

“Ibu harus tanggap dan sanggup melakukan penangganan awal ketika terjadi bencana di keluarganya. Dengan sosialisasi ini paling tidak perempuan bisa mandiri dan menjaga keluarganya,” jelasnya.

BACA JUGA:Bupati Fadia Arafiq Peringati 3 Tahun Kepemimpinan dengan Kabupaten Bersholawat

Sementara itu, Ketua Pokja IV TP PKK Kota Pekalongan, Puji mengatakan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk meningkat komitmen dari stekholder terkait dalam hal ini kader PKK sampai grassroot guna memandirikan, memberdayakan tanggap dan tangguh bencana, termasuk penyakit juga kebakaran. 

BACA JUGA:PD Rifa'iyah Kabupaten Pekalongan Gelar Lokakarya Kurikulum Ushul Fiqh Tasawuf

"Selain menghadirkan kader PKK kelurahan seKota Pekalongan, kami juga mengundang kader PKK 8 kelurahan binaan di kota Pekalongan untuk mendapatkan edukasi bagaimana menjadi kader yang bisa menularkan pengetahuan terkait penanganan bencana. Nantinya, 8 Kelurahan binaan ini akan mengikuti lomba bank sampah," ujar dia.

BACA JUGA:Resmi, PKB Deklarasikan Pasangan Fadia - Sukirman Untuk Maju Pilkada 2024 di Kabupaten Pekalongan

Dimana nantinya, masing-masing Kecamatan mengirimkan 2 perwakilan, antara lain Kecamatan Pekalongan Utara diwakili Keluar Panjang Baru dan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Timur oleh Kelurahan Setono dan Poncol, Kecamatan Pekalongan Selatan diwakili Kelurahan Banyurip dan Kuripan Yosorejo serta Kecamatan Pekalongan Barat oleh Kelurahan Tirto dan Benda Kergon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: