Adab Menjenguk Orang Sakit Dalam Islam, Inilah Doa saat Menjenguk Orang Sakit

Minggu 29-10-2023,22:17 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

RADARPEKALONGAN - Agama menganjurkan agar kita menjenguk orang-orang yang sedang menderita sakit, kecuali yang dilarang untuk dijenguk oleh para dokter. 

Menjenguk orang sakit hukumnya sunnah, tetapi sangat dianjurkan. Selain memiliki keberkahan serta pahala yang besar, menjenguk orang sakit dapat memperkuat hubungan antar sesama dan menjaga tali silaturahmi.

Meskipun menjenguk orang sakit dianjurkan oleh ajaran agama untuk meringankan penderitaan atau mempercepat kesembuhannya. Namun pada praktiknya, tidak jarang berakibat sebaliknya. 

Para penjenguk orang sakit yang mengabaikan adab-adab menjenguk orang sakit seringkali justru menambah penderitaan, menyusahkan hati si sakit, dan bahkan memperparah sakitnya. Oleh sebab itu, tidak setiap orang boleh menjenguk orang sakit dan tidak setiap orang sakit boleh dijenguk. 

Baca juga:Adab Bagi Orang Sakit Sesuai Ajaran Islam, Tidak Boleh Harapkan Kematian

Menurut Imam Ghazali, ada beberapa adab menengok orang sakit. Diantaranya, tidak berlama-lama di sisinya agar ia tidak merasa bosan, meminimalisir pertanyaan tentang kondisinya, karena banyak bertanya dapat menyusahkan hatinya dan menampakkan rasa belas kasihan kepadanya. 

Selanjutnya, mendoakan agar ia cepat sehat, menjaga pandangan mata dari apa saja yang tidak patut dilihat dari orang yang sedang sakit, dan bila duduk di samping orang yang sakit lalu dihidangkan makanan atau minuman, maka tidak perlu menyantap makanan tersebut dan tidak usah meminumnya. 

Berikut adab-adab menjenguk orang sakit sesuai agama Islam:

1. Niat yang ikhlas dan luruskan tujuan

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

مَنْ عَادَ مَرِيْضاً أَوْ زَارَ أَخاً لَهُ فِي اللهِ أَيْ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ نَادَاهُ مُنَادٍ بِأَنْ طِبْتَ وَطَابَ مَمْشَاكَ وَتَبَوَّأْتَ مِنَ الْجَنَّةِ مَنْزِلاً

"Barangsiapa mengunjungi orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah atau di jalan Allah, akan ada yang menyeru kepadanya, ‘Engkau telah berlaku mulia dan mulia pula langkahmu (dalam mengunjunginya), serta akan kau tempati rumah di Surga." [HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah]

Baca lagi:Doa Rukyah Diri saat Anggota Tubuh Sakit, Inilah Caranya Sesuai Sunnah

2. Perhatikan situasi dan kondisi

Janganlah memberatkan orang yang dijenguk dan pilihlah waktu yang tepat. Jika orang yang sakit dirawat di rumah hendaknya meminta izin terlebih dahulu sebelum menjenguknya, mengetuk pintu rumahnya dengan pelan, menundukkan pandangannya, menyebutkan perihal dirinya, dan tidak berlama-lama karena bisa jadi itu dapat membuatnya lelah.

Kategori :