Doa Rukyah Diri saat Anggota Tubuh Sakit, Inilah Caranya Sesuai Sunnah

Doa Rukyah Diri saat Anggota Tubuh Sakit, Inilah Caranya Sesuai Sunnah

Doa saat tubuh sakit sesuai sunnah menurut Ustadz Khalid Basalamah.-Tangkapan layar freepik.com dan youtube.-

RADARPEKALONGAN - Sakit pasti pernah menimpa setiap orang. Islam mengajarkan doa rukyah diri saat anggota tubuh Sakit sesuai sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Doa saat anggota tubuh sakit yang diajarkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam sangat simpel dan mudah. Maka seyogyanya setiap muslim bisa menghafalkannya.

Jika ada anggota badan yang terasa sakit, maka berdoa dengan doa rukyah saat anggota tubuh sakit ini. Berharaplah Allah Ta'ala menyembuhkan sakit yang ada.

Ustadz Khalid Basalamah dalam Instagram Ummu hanzholah dilihat Ahad, 29 Oktober 2023, menerangkan, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Letakkan tanganmu di atas bagian tubuhmu yang sakit. Lalu ucapkan bismillah tiga kali. Bismillah. Bismillah.. Bismillah. Lalu baca doa ini tujuh kali", \

Baca juga:Doa Berlindung dari Akibat Buruk Maksiat Sesuai Sunnah

'A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x)'". 

"Hadist ini sahih diriwayatkan Ibnu Majah, Ahmad, dan Thabrani," ujar Ustadz Khalid Basalamah. 

Ustadz Khalid pun mengartikan doa itu. Yakni "Aku berlindung dengan kemuliaan dan kekuasaan Allah dari keburukan apa yang kudapati dan kekhawatirkan akan terjadi". 

Menurutnya, doa ini dibaca tujuh kali sambil memegang tempat yang sakit. Misalnya, sakit flu maka bisa pegang hidung sembari membaca doa tersebut.

"Sakit kepala bisa pegang kepala. Dan Subhanallah saya pribadi, saya praktikkan. Lagi sakit kepala, misalnya, saya pegang, baca ini Subhanallah hilang seketika," kata Ustadz Khalid. 

Baca lagi:Doa Meminta Rezeki dan Selamat dari Penyakit Sesuai Sunah Nabi

Jika tubuh merasa pegal, maka pegang bagian yang sakit dan baca doa ini. Bukan hanya untuk mengobati tubuh yang sakit, doa ini juga untuk mengobati jika seseorang tengah mengalami masalah dalam hatinya seperti sedih dan sejenisnya.

"Termasuk sebagian ulama bolehnya kalau seseorang merasa ada masalah dalam hatinya. Kesedihan yang berkepanjangan ya sedih karena meninggalnya seseorang, kehilangan barang, dia pegang dadanya, dia pegang hatinya, dadanya, kemudian dia membaca doa ini dengan berharap Allah Ta'ala akan menghilangkan sakitnya," ujarnya.

Dilansir Rumaysho, doa ini bisa diamalkan jika ada anggota tubuh yang sakit. Doa ini termasuk bacaan ruqyah sederhana. Bisa diamalkan oleh penderita sakit itu sendiri. Misalnya saat sakit gigi, tangan keseleo, atau kaki yang keseleo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: