5 Tips Diet Sehat dan Cepat yang Aman, Penderita Asam Lambung Tak Perlu Khawatir

Rabu 01-11-2023,10:16 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

Tambahan juga untuk memilih karbohidratnya seperti nasi merah, roti gandum dan sereal. Hindari untuk makan karbohidrat yang manis-manis ya, agar tetap sehat dan lambungnya tetap aman.

2. Mengatur pola makan

Jika kamu mengenal diet yang dilakukan adalah dengan makan lebih jarang, sebaliknya nih tips diet sehat dan cepat untuk penderita asam lambung ini adalah dengan lebih sering makan.

Apabila biasanya sehari makan sebanyak 3 kali, kini rubah menjadi 5 atau 6 kali sehari. Tentu saja pasti porsinya dijadikan lebih sedikit daripada biasanya. 

BACA JUGA:Mengenal 8 Pola Diet yang Benar, Batasi Porsi Makanmu dengan Piring yang Lebih Kecil 

BACA JUGA: Jangan Bingung Lagi, Inilah 6 Cara Mengatur Pola Makan untuk Diet Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan

Nah makan yang sering tapi porsi sedikit ini akan jauh lebih aman untuk menghindari naiknya asam lambung, sebab perut tidak terlalu lama dalam keadaan kosong.

3. Tidur yang cukup dan teratur

Hindari begadang, sebab saat begadang akan mudah kita untuk merasa lapar dan akhirnya kita makan di waktu tengah malam. 

Tentu hal tersebut tidak baik, apalagi makan di jam yang berdekatan dengan waktu tidur justru akan menimbulkan asam lambung naik. 

Selain itu jika kamu kekurangan jam istirahat maka dapat menyebabkan mudah lelah dan tidak baik untuk kesehatan secara menyeluruh.

BACA JUGA:Jadwal Makan untuk Diet, Ternyata Ada Waktu Tertentu untuk Kamu tetap Bisa Ngemil

BACA JUGA:Camilan dari 5 Kacang Ini Cocok Sebagai Makanan untuk Orang Diet

4. Hindari makanan pedas 

Makanan yang memiliki rasa pedas yang biasanya dihasilkan dari cabai memiliki zat capsaicin yang dapat memperparah adanya iritasi pada lambung, yang dapat menyebabkan timbulnya rasa perih. 

Selain itu zat tersebut juga akan memperlambat sistem pencernaan, yang akan mengakibatkan penumpukan makanan yang berlebih di dalam tubuh, sehingga ini akan memicu kenaikan berat badan.

Kategori :