Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha, Insyaallah Memudahkan Rezekimu!

Senin 06-11-2023,03:00 WIB
Reporter : Jamaludin Mubarok
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Berikut ini adalah artikel yang membahas mengenai tata cara melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan tuntunan syariat dari Rasulullah SAW.

Sholat dhuha ini dilaksanakan bisa sendirian atau berjamaah dengan orang lain, sholat dhuha bisa dilaksanakan dua, empat, enam, atau delapan rokaat.

Sholat dhuha bisa dilaksanakan di waktu-waktu tertentu sesuai ajaran Rasulullah SAW, yaitu di waktu setelah matahari terbit hingga matahari berada di posisi setinggi ujung tombak atau sebelum waktu dzuhur.

Merupakan sunnah muakkad atau sunnah yang seringkali dilaksanakan oleh baginda Rasulullah SAW setiap hari apabila beliau tidak berhalangan.

Menurut para ulama sendiri, sholat dhuha ini memiliki banyak faedah atau keutamaan, salah satunya untuk melancarkan rezeki.

Inilah beberapa tata cara melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan tuntunan dan ajaran dari baginda Rasulullah SAW, bagi kamu yang ingin melaksanakan sholat dhuha.

Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

1. Membaca Niat Sholat Dhuha

Bacaan niat sholat dhuha ketika sendirian "Usholli Sunnatadh Dhuha Rak'ataini Lillahi Ta'ala". Dilakukan sebelum takbir pertama.

Apabila berjamaah dan kamu menjadi imam maka bacaan niat sholat dhuha nya "Usholli Sunnatadh Dhuha Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Imaaman Lillahi Ta'ala".

Jika kamu menjadi makmum dalam sholat dhuha berjamaah maka niatnya "Usholli Sunnatadh Dhuha Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Makmuman Lillahi Ta'ala".

BACA JUGA:Rutin Sholat Dhuha Rejeki Lancar! Inilah Bacaan Niat Sholat Dhuha bagi Kamu yang Belum Tahu

2. Takbirotul Ikhram

3. Membaca Doa Iftitah

4. Membaca Surah Al-Fatihah

Kategori :