Mengenal Apa itu Diet Rendah Garam dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin 06-11-2023,16:38 WIB
Reporter : Tuflichatul Ummul
Editor : Akhmad Saefudin

BACA JUGA:7 Makanan Diet Sehat Rendah Kalori, Tidak Akan Membuat Kamu Gemuk

3. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Konsumsi banyak garam dapat berpengaruh untuk meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh, di mana kolesterol ini erat kaitannya dengan hipertensi. 

Apabila kolesterol naik, maka akan meningkatkan jumlah plak dan lemak yang akan mengahmabat aliran darah. Ketika hal itu terjadi maka bisa saja tekanan darah naik dan risiko yang paling tinggi bahkan dapat menyebabkan sakit jantung.

4. Menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah yang normal atau tidak ini salah satunya tergantung dengan jumlah garam yang dikonsumsi. Karena tekanan darah tinggi ini biasanya disebabkan adanya kelebihan garam. 

Nah apabila kamu mengurangi konsumsi garam lewat diet rendah garam, maka ini akan mengurangi adanya risiko penyumbatan pada saluran peredaran darah, yang juga akan membuat tekanan darah lebih stabil dan normal. 

BACA JUGA:8 Makanan Rendah Lemak untuk Diet, Cocok untuk Mengurangi Berat Badan

BACA JUGA:8 Makanan Tinggi Serat untuk Diet, Baik untuk Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

5. Meningkatkan kualitas diet untuk menurunkan berat badan

Saat biasanya diet alami untuk menurunkan berat badan, biasanya akan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan beberapa makanan kemasan yang memiliki kandungan garam serta gula yang cukup tinggi. 

Nah biasanya makanan-makanan itu dianggap memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Jadi apabila kamu mengurangi konsumsi garam dari makanan-makanan tadi, maka kamu akan memperbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah yang pasti jauh lebih sehat dan akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan. 

Itulah tadi beberapa manfaat diet rendah garam yang bisa kamu lakukan mulai sekarang untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa juga untuk mengatur pola hidup yang lebih banyak, jangan makan sembarangan dan asal-asalan, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur dan minum cukup air putih. (*)

Kategori :