Ini Dia Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami, Bikin Mata Kembali Sehat

Jumat 17-11-2023,12:35 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Pada umumnya, bintitan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-21 hari, terutama jika bintitan sudah pecah dan mengeluarkan nanah.

Namun, memencet atau memecahkan bintitan sendiri tidak disarankan karena dapat menyebabkan infeksi. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati bintitan secara alami!

1. Kompres Hangat

Kompres hangat adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan bintitan. Hal ini dikarenakan suhu hangat efektif mendorong semua nanah yang ada di dalam bintitan ke permukaan, sehingga nanah tersebut larut dan cairannya akan keluar dengan sendirinya.

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mencuci handuk kecil yang bersih dengan menggunakan air hangat dan pastikan airnya tidak terlalu panas. Kemudian peras handuk tersebut agar lembab dan airnya tidak menetes.

Setelah itu, letakkan saja di atas mata selama 5-10 menit. Lakukan hal ini sekitar 3-4 kali sehari hingga bintitan di mata mengempis. Ingat, jangan memencet bagian yang bernanah! Untuk menghindari infeksi.

2. Menggunakan Kantong Teh Celup Hangat

Selain mengompres menggunakan air hangat, kamu juga bisa mengompres menggunakan kantong teh celup hangat. Teh hitam dapat digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan karena memiliki sifat antibakteri.

Mengobati bintitan dengan menggunakan kantong teh celup sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyeduh kantong teh celup dengan air panas, diamkan selama satu menit, lalu gunakan untuk mengompres mata.

Diamkan kompres kantong teh celup selama 5-10 menit. Lakukan hal ini sekitar 2 kali sehari, dan selalu gunakan kantong teh yang masih baru.

3. Air Garam

Garam dapat digunakan sebagai antiseptik alami untuk mengobati bintitan. Caranya, larutkan garam dalam air hangat dan aduk rata. Kemudian celupkan kain lembut atau kapas ke dalam larutan air garam, dan kompreskan ke mata.

Diamkan kompres selama 15-20 menit, kamu dapat mengulanginya hingga bintitan mereda.

BACA JUGA: 6 Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Terhindar dari Mata Minus Atau Plus, Perhatikan Ya!

4. Bersihkan Mata dengan Sabun Bayi

Sabun bayi atau sabun alami yang lembut tidak akan menimbulkan rasa perih atau iritasi pada mata, dan dapat digunakan untuk membersihkan mata. Cara ini dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan mata dan menghindari bakteri penyebab infeksi yang dapat memperparah bintitan.

Kategori :