Inilah 15 Makanan Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh dan Efektif, Dapat Dicoba Sehari-hari

Senin 20-11-2023,18:42 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN - Jika kamu memiliki batu ginjal, tentu saja kamu akan disarankan untuk mengubah pola makan. Berikut adalah makanan penghancur batu ginjal yang bisa kamu coba. 

Satu dari sepuluh orang diperkirakan memiliki batu ginjal seumur hidupnya. Batu ginjal terjadi karena adanya endapan mineral atau zat lain di dalam ginjal.

Sementara, batu ginjal yang kecil biasanya tidak menimbulkan gejala, batu ginjal yang besar dapat menyebabkan sakit perut dan kencing berdarah.

Untungnya, ada beberapa makanan penghancur batu ginjal yang dapat kamu coba untuk membantumu pulih. 

BACA JUGA:Inilah 5 Suplemen Vitamin untuk Ginjal agar Tetap Sehat dan Berfungsi Secara Optimal

BACA JUGA:Bagus untuk Kesehatan Jantung Hingga Atasi Batu Ginjal! Ini 6 Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari

Pilihan Makanan Penghancur Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu kondisi yang dapat terjadi berulang kali. Untuk mencegah kondisi ini, kamu perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan asam sitrat, kalsium, vitamin D, dan antioksidan, seperti:

1. Air putih

Selain mencegah dehidrasi, air putih dapat membantu melawan kondisi batu ginjal.

Banyak minum air putih dapat membantu mengencerkan sisa metabolisme sehingga mineral yang mengendap dan membentuk batu/kristal di dalam ginjal dapat dibuang melalui urine.

Penderita batu ginjal umumnya disarankan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas sehari.

Selain itu, jika kamu bekerja di luar ruangan atau di lingkungan yang panas, mengonsumsi air putih lebih banyak lagi sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan semakin banyak keringat yang keluar, maka semakin sedikit urine yang dikeluarkan.

2. Buah Jeruk

Buah-buahan sitrus, seperti lemon dan jeruk, bisa menjadi pilihan sebagai makanan penghancur batu ginjal. Kandungan sitrat dalam buah jeruk dapat memecah zat-zat pembentuk batu ginjal, seperti sulfat, fosfat, dan natrium.

Kategori :