Inilah 15 Makanan Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh dan Efektif, Dapat Dicoba Sehari-hari

Senin 20-11-2023,18:42 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

7. Kelapa

Selain air putih, kamu bisa mencoba air kelapa untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Air kelapa bermanfaat untuk membantu mengencerkan urine sehingga zat-zat pembentuk batu ginjal seperti fosfat di dalam ginjal dapat keluar dari tubuh.

8. Tahu

Tahu adalah sumber protein nabati lainnya yang bisa menjadi pilihan makanan untuk penghancur batu ginjal. Tahu mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi serta rendah fosfor, kalium, dan natrium.

Kandungan ini membuatnya menjadi makanan yang ramah bagi ginjal. Makanan yang tinggi kalsium dapat mengikat zat-zat pembentuk batu ginjal sehingga jumlah zat pembentuk batu ginjal dapat berkurang.

9. Buah Nanas

Makanan penghancur batu ginjal selanjutnya adalah buah nanas. Buah ini mengandung flavonoid dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Selain itu, flavonoid juga membantu aktivitas pembuangan kelebihan garam dari dalam tubuh melalui urine (diuretik).

Kelebihan natrium atau garam dalam tubuh dapat menyebabkan kadar kalsium yang lebih tinggi dalam urin yang meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

10. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan gangguan inflamasi. Selain itu, daun ini dapat membantu memecahkan dan mengeluarkan batu ginjal.

Kamu bisa mendapatkan manfaat dari makanan penghancur batu ginjal ini dengan mengkonsumsinya sebagai jus segar atau smoothie.

11. Seledri

Seledri bisa menjadi pilihan makanan penghancur batu ginjal selanjutnya. Sayuran ini telah digunakan sebagai obat herbal untuk batu ginjal sejak lama.

Melansir dari Healthline, seledri terbukti berhasil membantu memecah batu ginjal dalam uji coba pada hewan.

12. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis protein nabati yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein. Selain itu, kacang merah juga kaya akan kalsium sehingga dapat membantu mengurangi jumlah zat pembentuk batu ginjal.

Kategori :