6 Risiko yang Harus Kamu Hadapi Saat Melakukan Investasi Emas, Jangan Sampai Salah Langkah

Rabu 22-11-2023,20:58 WIB
Reporter : Rifki

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Setelah menyimak berbagai kesalahan investasi emas, maka poin berikutnya kita perlu bahas risiko saat melakukan investasi emas. 

Beberapa risiko yang harus kamu hadapi saat melakukan investasi emas adalah sebagai berikut.

- Hilang

Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya bahwa risiko terbesar investasi emas adalah rentan hilang. Risiko satu ini jelas bisa menimbulkan kerugian yang paling besar. 

Untuk mencegahnya, kamu bisa sediakan tempat khusus dan tersembunyi dengan proteksi tinggi seperti menggunakan pin atau password.

Selain itu, kamu bisa investasi emas melalui aplikasi fintech. Hal ini dinilai lebih mudah dan praktis untuk melakukan investasi emas.

- Spekulasi Investor

Spekulasi investor juga memengaruhi investasi emas. Banyak investor di seluruh dunia secara seksama memantau tingkat suku bunga, inflasi, dan nilai tukar untuk menentukan apa yang akan terjadi pada harga emas. 

Dengan begitu, pergerakan salah satu faktor tersebut dapat memicu reaksi investor untuk melakukan jual-beli emas.

Harga juga ikut bergerak dan bisa mendorong pelaku pasar lainnya untuk bertindak.Hal tersebut mengakibatkan pergerakan harga emas dan pelaku pasar terus bergerak untuk menanggapi perubahan harga.

Momentum pergerakan harga bisa semakin tajam mengingat sekarang aliran modal bisa dengan mudah keluar-masuk pasar suatu aset. Sebab, hal itu terdorong untuk memanfaatkan pergerakan harga emas.

BACA JUGA : 5 Kesalahan Investasi Emas yang Wajib Kamu Hindari

- Pengaruh Suku Bunga

Harga emas juga cenderung turun setiap ada kenaikan suku bunga acuan. Emas merupakan instrumen investasi yang tidak memberikan imbal hasil yang teratur. 

Akibatnya, suku bunga yang tinggi meningkatkan biaya peluang atau opportunity cost dalam menggenggam emas.

Kategori :