Inilah 9 Obat Kolesterol Alami yang Wajib Dicoba dan Mudah Ditemukan, Ampuh Turunkan Kolesterol Dengan Cepat

Jumat 24-11-2023,07:22 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Jenis makanan tersebut merupakan sumber protein tanpa lemak, sehingga dapat menjadi pengganti makanan berlemak seperti daging.

Dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, maka kadar kolesterol yang tinggi dapat menurun dan kadar kolesterol dapat terjaga.

BACA JUGA:5 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Aman Digunakan dan Ampuh Turunkan Kolesterol

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya sebagai obat kolesterol alami.

Penelitian dari National Center for Complementary and integrative Health menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam tubuh.

Namun, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek bawang putih dalam menurunkan kadar kolesterol cukup lama, yaitu membutuhkan waktu hingga lebih dari 8 minggu untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Jadi, hanya dengan mengonsumsi bawang putih saja tidak akan cukup untuk mengatasi kolesterol tinggi.

4. Makanan yang Mengandung Serat Larut Air

Makanan yang mengandung serat larut air akan membuat usus lebih sedikit menyerap kolesterol, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh dapat terjaga.

Rekomendasi makanan berserat larut air yang mudah ditemukan adalah roti gandum, jeruk, kacang merah, pir, wortel, dan kentang.

Serat larut air juga bisa didapatkan dari suplemen makanan, seperti serat akasia (psyllium). Suplemen jenis ini diketahui dapat membantu melancarkan buang air besar dan menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

5. Beras Putih yang difermentasi

Obat kolesterol alami berikutnya adalah beras putih yang difermentasi atau angkak, yang populer 

Populer dalam pengobatan tradisional Cina (TCM). Angkak dipercaya dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah karena mengandung monacolin K.

Senyawa ini biasanya ditemukan dalam lovastatin, obat yang biasa diresepkan untuk penderita kolesterol tinggi.

Kategori :