Inilah 11 Obat Radang Tenggorokan Terbaik dan Manjur di Apotik, Mudah Ditemukan

Kamis 14-12-2023,12:17 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini daftar obat radang tenggorokan yang dijual bebas terbaik dan banyak tersedia di apotek.

Radang tenggorokan adalah penyakit yang sangat umum terjadi. Penyebab infeksi tenggorokan bisa karena virus atau bakteri, alergi hingga merokok. Tetapi sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh virus.

Jika daya tahan tubuh kita sedang dalam kondisi lemah, kuman akan lebih mudah menyerang. Hal-hal kecil seperti kurang tidur, kurang olahraga, atau menghirup polutan di udara dapat melemahkan tubuh kita.

Biasanya, penyakit ini berlangsung selama 5-7 hari dan dapat disembuhkan dengan obat yang dijual bebas, tanpa perlu ke dokter. Perawatan untuk radang tenggorokan berbeda-beda, tergantung jenis dan penyebabnya. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 9 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman untuk Ibu dan Bayi

BACA JUGA:Dijamin Ampuh dalam 3 Hari! Inilah 3 Vitamin untuk Flu dan Demam

Jenis-jenis Radang Tenggorokan

Sebelum membahas pengobatan radang tenggorokan yang paling efektif, ketahui dulu jenis-jenisnya.

Radang tenggorokan dapat terjadi karena beberapa penyebab, mulai dari infeksi kuman hingga polusi udara. Simak uraiannya berikut ini:

1. Virus

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya disertai dengan gejala mirip flu seperti hidung meler, mata berair, dan batuk. Radang tenggorokan jenis ini tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik.

2. Bakteri

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri umumnya disebabkan oleh Streptococcus pyrogenes atau bakteri radang tenggorokan. Penyakit ini lebih sering menyerang anak usia 5-15 tahun dibandingkan orang dewasa.

Radang tenggorokan jenis ini adalah yang paling parah dibandingkan jenis lainnya dan berlangsung paling lama.

Biasanya disertai dengan kesulitan menelan makanan, amandel merah dan bengkak, atau bintik-bintik merah kecil di langit-langit mulut. 

Kategori :