5 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Efektif Menjaga Tulang Tetap Kuat Sampai Tua

Rabu 27-12-2023,14:45 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Perlu diketahui bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium. Oleh karena itu, seseorang yang kekurangan vitamin ini berisiko lebih besar untuk kehilangan massa tulang.

Vitamin D dapat disintesis secara alami oleh tubuh melalui paparan sinar matahari, tetapi juga dapat diperoleh dari makanan.

Beberapa makanan yang direkomendasikan mengandung vitamin D antara lain daging merah, telur, ikan salmon, dan ikan sarden.

Sementara itu, vitamin K-2 berperan dalam membantu mengatur metabolisme kalsium dalam tubuh.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin K-2 melalui sejumlah makanan yang difermentasi, seperti keju, natto (produk kedelai), dan kubis yang difermentasi (asinan kubis).

3. Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Salah satu makanan yang paling sehat untuk tulang adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 karena dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Asam lemak omega-3 diketahui dapat mengurangi aktivitas sel pemecah tulang (osteoklas) dan meningkatkan aktivitas sel pembentuk tulang (osteoblas).

Nutrisi ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, salah satunya adalah salmon.

Selain mengandung omega-3, ikan salmon juga diperkaya dengan vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk tulang.

4. Makanan Tinggi Magnesium dan Zinc

Rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan tulang selanjutnya adalah makanan yang mengandung magnesium dan zinc.

Magnesium diketahui dapat membantu mengaktifkan vitamin D, sehingga penyerapan kalsium menjadi lebih baik.

Sementara itu, zinc dapat mendorong regenerasi tulang dan mengurangi risiko kerusakan tulang. Berkat manfaat tersebut, kedua mineral ini dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang.

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan tulang yang dapat kamu konsumsi sebagai salah satu menu harianmu.

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu, Ini Dia Berbagai Cara Mengatasi Pengapuran Tulang, agar Tulang Tetap Kuat

Kategori :