Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Makanan Tidak Sehat yang Dapat Menyebabkan Tubuh Rentan Terhadap Penyakit

Selasa 23-01-2024,08:10 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

BACA JUGA:Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Lansia Usia 60 Tahun ke Atas dan Cara Pengaplikasiannya, Wajib Diketahui!

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 7 Manfaat Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan dan Cara Pembuatannya yang Aman Diaplikasikan

5. Roti Putih

Selain jenis makanan di atas, ada juga nih makanan yang dianggap sehat namun ternyata justru berbahaya untuk tubuh. Salah satu makanan tersebut adalah roti putih.

Mungkin sebagian dari kalian menggantikan nasi dengan roti tawar putih yang mana dianggap memiliki kalori rendah yang dapat membuat berat badan menurun.

Namun, tahukah Anda bahwa roti putih justru merupakan jenis makanan yang tidak sehat dan tidak dapat menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan, roti putih ini memiliki angka indeks glikemik yang tinggi yang mana justru meningkatkan kadar gula darah dalam waktu yang cepat.

Pada dasarnya, makanan memiliki indeks glikemik tinggi bila angkanya mencapai di atas 60. Sementara, roti angka glikemik indeks pada roti bahkan mencapai 75.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 7 Manfaat Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan dan Cara Pembuatannya yang Aman Diaplikasikan

BACA JUGA:9 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

6. Yogurt rendah lemak

Selain roti putih, ada juga makanan yang masuk dalam daftar makanan sehat namun ternyata menimbulkan masalah yang berbahaya untuk tubuh. Makanan tersebut adalah yogurt rendah lemak.

Banyak yoghurt rendah lemak yang beredar di pasaran memiliki kandungan lemak susu yang lebih sedikit daripada yoghurt pada umumnya.

Agar yogurt lebih manis dan enak, beberapa produsen menggantikan sebagian kandungan lemak susu dalam yogurt dengan gula.

Selain itu, banyak yoghurt yang tidak mengandung bakteri probiotik atau bakteri baik akibat proses pasteurisasi susu saat fermentasi yoghurt.

Proses pasteurisasi sendiri merupakan proses memanaskan makanan  untuk membunuh organisme seperti bakteri, protozoa, dan kapang. Sehingga, bakteri probiotiknya sudah mati saat mengalami proses pemanasan.

Kategori :