2 Tahun Ngontrak di Toko Bangunan, Puskesmas Kesesi 1 Kabupaten Pekalongan Akhirnya Miliki Bangunan Sendiri

Kamis 01-02-2024,17:47 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Puskesmas Kesesi 1 Kabupaten Pekalongan dua tahun ngontrak di toko bangunan di Desa Ponolawen, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan.

Pasalnya, dalam kurun waktu tahun 2021 hingga 2022 Puskesmas Kesesi 1 belum memiliki bangunan sendiri paska bangunan lama dibangun menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kesesi.

Oleh karena itu, dalam kurun dua tahun itu pelayanan Puskesmas Kesesi 1 menggunakan toko bangunan yang dikontrak dan disulap menjadi sebuah puskesmas. Namun, pada tahun 2024, Pemkab Pekalongan berhasil membangun gedung baru untuk Puskesmas Kesesi 1 di Desa Ponolawen.

Bangunan baru Puskesmas Kesesi 1 diresmikan oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Kamis, 1 Februari 2024. Tampak hadir dalam peremian ini Sekda M Yulian Akbar, Kepala Dinas Kesehatan Setiawan Dwiantoro, sejumlah kepala dinas, Forkompincam Kesesi dan kepala desa se-Kecamatan Kesesi.

Baca juga:20 Puskesmas Di Kabupaten Pekalongan Raih Akreditasi Paripurna

Kepala Puskesmas Kesesi 1 Eti Kusriningsih menyampaikan terima kasih atas pembangunan gedung baru Puskesmas Kesesi 1 kepada Bupati Fadia, Kepala Dinas Kesehatan, Forkompincam Kesesi, Kades Ponolawen, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Kesesi.

"Terima kasih Bu Fadia akhirnya kami punya rumah baru untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kesesi," ucap Rustriningsih.

Disebutkan, dua tahun pelayanan kesehatan kepada masyarakat dilakukan di lokasi sementara karena saat itu belum punya gedung puskesmas sendiri. Berkat dukungan Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, Forkompincam Kesesi, tokoh agama dan tokoh masyarakat akhirnya saat ini sudah terbangun gedung Puskesmas Kesesi 1.

Tak hanya miliki gedung baru, pada Desember 2023, Puskesmas Kesesi 1 mengikuti akreditasi dan mampu mendapatkan predikat utama. "Besar harapan kami kedepannya terpenuhi sarana dan prasarana dan pembangunan gedung lainnya," harap dia.

Baca lagi:Gelar Program Sekolah Sehat, Gandeng Puskesmas Kedungwuni 01

Dikatakan, Puskesmas Kesesi 1 melayani masyarakat di 13 desa di Kecamatan Kesesi. Dengan jumlah penduduk pada tahun 2023 sebanyak 45.251 jiwa, atau 59,14 persen dari total penduduk di Kecamatan Kesesi.

"Jumlah kunjungan pada tahun 2022 sebanyak 15.865, dan meningkat menjadi 19.471 kunjungan pasien di tahun 2023," ujar dia.

Ditambahkan, bangunan Puskesmas Kesesi 1 di kopleks kantor Kecamatan Kesesi, tepatnya di utara Mapolsek Kesesi ini dibangun 2023 di atas tanah aset milik Pemkab Pekalongan. Letaknya di Desa Ponolawen. 

"Kami sebelumnya puskesmas rawat inap, tahun 2022 jadi puskesmas rawat jalan. Ini dibangun dari APBD 2023 sebagai wujud komitmen Pemkab Pekalongan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Besar harapan kami terpenuhinya sarana dan prasarananya," imbuh dia.

Baca juga:Program Pengobatan Gratis Dimulai

Kategori :