Bupati Pekalongan Meresmikan 4 Pabrik Pakan Ternak dan Menyalurkan Bantuan Alsintan

Bupati Pekalongan Meresmikan 4 Pabrik Pakan Ternak dan Menyalurkan Bantuan Alsintan

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meresmikan pabrik pakan ternak di Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bersama Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Republik Indonesia, drh Nur Sapta Hidayat, secara simbolis meresmikan empat pabrik pakan ternak yang berlokasi di beberapa desa di Kabupaten Pekalongan.

Yakni di Desa Sawangan, Desa Kaliombo, Desa Lambanggelun di Kecamatan Paninggaran, serta satu lagi di Desa Kayugeritan Kecamatan Karanganyar. 

Prosesi keempat pabrik pakan ternak ini dipusatkan di Desa Sawangan, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Rabu, 27 September 2023.

Bupati Fadia mengatakan, dengan adanya pabrik pakan ternak tersebut diharapkan dapat membantu para peternak di Kabupaten Pekalongan untuk memenuhi kebutuhan pakan bagi ternak-ternaknya. 

Baca juga:Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Salurkan Bantuan BLT DBHCHT kepada Ratusan Buruh Tani Tembakau di Petungkriyono

Baca lagi:Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Janjikan Bonus Umroh untuk Juara MTQ Nasional

“Harapannya agar dengan adanya pabrik pakan ini, peternak kita tidak perlu khawatir tentang ketersediaan pakan ternak karena ini bisa diproduksi untuk enam bulan kedepan, hasil ternaknya juga akan meningkat,” jelasnya.

Bupati Fadia menekankan kepada para peternak untuk dapat memanfaatkan dan mengelola pabrik pakan ternak tersebut dengan baik. Ia juga mendorong para penyuluh pertanian untuk dapat membantu para petani yang membutuhkan bantuan agar hasil produksinya dapat meningkat.

“Kepara para penyuluh kita harus bisa membuat para petani di Kabupaten Pekalongan ini lebih pintar. Karena saat ini ada banyak alat dan metode yang dapat digunakan untuk membantu para petani kita,” ujarnya.

Selain meresmikan pabrik pakan ternak, Bupati Fadia juga memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) kepada 69 kelompok tani dan gabungan kelompok tani. Bantuan ini mencakup satu unit mesin tanam padi (rice transplanter), 22 unit traktor mini (cultivator), 23 unit pompa air diesel, 19 unit mesin perontok multiguna (power thresher) untuk padi dan jagung, serta satu unit mesin penggilingan padi (rice milling unit/RMU). 

Baca juga:Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Kunjungi dan Berikan Bantuan Korban Rumah Kebakaran di Kedungwuni

Baca lagi:Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Pantau Langsung Pendistribusian Air Bersih di Desa Kedungkebo

Alat pasca panen/perajang tembakau juga disalurkan dalam bentuk tiga paket bantuan alsintan, unit penggilingan padi (RMU), dan alat pasca panen tembakau. Bantuan ini diberikan kepada poktan dan gapoktan yang sebelumnya belum menerima bantuan alsintan.

Selain bantuan peralatan pertanian, Bupati Fadia juga menyalurkan bantuan beras kepada 84.909 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan ini berupa 10 kg beras yang diberikan sebanyak tiga kali dalam sebulan, dan diserahkan kepada poktan, gapoktan, serta KPM yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: