Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Janjikan Bonus Umroh untuk Juara MTQ Nasional

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Janjikan Bonus Umroh untuk Juara MTQ Nasional

--

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq membuka lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Pelajar dan MTQ Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan di Gedung Islamic Center Kecamatan kedungwuni, Senin (25/9/2023) siang.

Dalam sambutannya, Bupati Fadia menyampaikan dukungannya untuk seluruh peserta MTQ. Ia juga berjanji akan memberikan hadiah dengan nominal 2 kali lipat lebih tinggi dari tahun lalu bagi perwakilan Kabupaten Pekalongan yang berhasil menjuarai lomba MTQ pada tingkat Provinsi maupun tingkat nasional.

“Tahun kemarin, ibu memberikan hadiah untuk juara 1 tingkat provinsi 10 juta rupiah per-anak, Juara 2 kemarin 7.5 juta per-anak, untuk juara 3 ibu kasih 5 juta rupiah per-anak. Untuk tahun 2023 ini, bila juara 1 tingkat provinsi akan kita naikkan 2 kali lipat menjadi 20 juta rupiah, juara 2-nya tingkat provinsi kita naikkan menjadi 15 juta rupiah, dan juara 3 kita naikkan menjadi 10 juta rupiah,” ujarnya.

“Tingkat nasional, juara 1 apabila dari Kabupaten Pekalongan langsung kita berangkatkan umroh, Juara 2 untuk tingkat nasional kita berangkatkan umroh juga, Juara 3 tingkat nasional akan mendapatkan hadiah 15 juta rupiah,” lanjutnya.

Untuk itu, Bupati Fadia mengajak seluruh peserta MTQ Pelajar dan MTQ Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya agar bisa menjadi juara di tingkat provinsi maupun nasional, “Jadi artinya anak-anak ibu semangat. Insya Allah kalian muda-muda sudah bisa umroh, muda-muda bisa dapat uang banyak. Semangat kalian semua. Yang penting jangan grogi, jangan takut. Kalau bertanding itu tidak boleh takut. Karena kita kalau bertanding itu tidak bisa milih lawan,” tegasnya.

Melalui penyelenggaraan MTQ Pelajar dan MTQ Umum, Bupati Fadia berharap agar generasi muda di Kabupaten Pekalongan lebih mencintai Al Qur’an. Ia juga berharap akan muncul bibit-bibit unggul dari para pecinta Al Qur’an di Kabupaten pekalongan, “dan juga saya lihat anak-anak sekarang berlomba-lomba mencintai Al Qur’an. Dengan menghafal Al Qur’an dan memahami Al Qur’an, mereka akan memiliki peluang yang lebih baik dimasa depan karena ada jalur khusus untuk para penghafal Al Qur’an,” Tambahnya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Pekalongan yang juga menjabat Ketua Panitia, Subagyo, mengungkapkan bahwa lomba MTQ Pelajar dan MTQ Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2023 diikuti sebanyak 327 peserta. 

“MTQ pelajar diikuti oleh perwakilan pelajar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA di 19 Kecamatan dengan total 225 orang peserta. Sementara MTQ umum diikuti oleh anak-anak, remaja, dan dewasa putra-putri pewakilan dari 19 kecamatan dengan total 105 peserta,” ungkapnya.

Diekahui bahwa Lomba MTQ Pelajar meliputi beberapa cabang termasuk, Tilawah SD/MI Putra Putri, Tilawah SMP/MTs Putra Putri, Tilawah SMA/MA Putra Putri, Tartil SD/MI Putra Putri, Tartil SMP/MTs Putra Putri, Tartil SMA/MA Putra Putri, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah SMP/MTs Putra Putri, Tahfidz 5 Juz dan tilawah SMA/MA putra putri.

Sementara itu, MTQ umum mencakup lomba tilawah anak putra putri, Tilawah Remaja Putra Putri, Tilawah Dewasa Putra Putri. Tahfidz 1 Juz dan Tilawah Putra Putri, Tahfidz 5 Juz Dan Tilawah Putra Putri, Tahfidz 10 Juz Putra Putri, Tahfidz 20 Juz Putra Putri, dan Tahfidz 30 Juz Putra Putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: