Festival Durian Doro 2024, Bupati Fadia Sarankan Durian Pekalongan Punya Nama Khusus

Festival Durian Doro 2024, Bupati Fadia Sarankan Durian Pekalongan Punya Nama Khusus

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq pukul gong saat membuka Festival Durian Doro, Sabtu, 13 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Dalam rangka mendukung UMKM, meningkatkan popularitas serta penjualan buah durian, kelompok petani durian Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan menggelar Festival durian Doro. Festival durian ini dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Doro

Kegiatan Festival Durian Doro diawali dengan Kontes Durian Lokal, Sabtu, 13 Januari 2024. Kontes durian ini merupakan bagian dari Festival Durian Kecamatan Doro yang berlangsung selama dua hari, yaitu 13 Januari hingga 14 Januari 2024.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Ashraff Abu, turut hadir dalam kegiatan tersebut untuk memberikan dukungan penuh dan apresiasinya.

Dalam pernyataannya, Bupati Pekalongan Fadia memuji kekompakan para petani di Kecamatan Doro yang telah bekerja sama dengan baik untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Baca juga:Kontes Durian Lokal Doro 2024, Durian Panji dari Desa Rogoselo Juara 1

"Kegiatan hari ini adalah festival durian di Kecamatan Doro. Kegiatan ini merupakan kerjasama yang baik dan bagus dari desa-desa di Kecamatan Doro," ujar Bupati.

Bupati Fadia mengungkapkan bahwa durian Kabupaten Pekalongan merupakan kebanggaan dan telah menjadi sajian wajib bagi tamu kenegaraan yang berkunjung ke Kabupaten Pekalongan.

"Saya ini adalah pecinta durian, dan setiap ada tamu yang berkunjung seperti kemarin ada Bapak Presiden, Bapak Manteri, maupun bupati daerah lainnya, kita selalu menyuguhkan durian karena Durian Kabupaten Pekalongan ini memang luar biasa," ujarnya.

Melalui kegiatan festival durian, Bupati berharap durian Kabupaten Pekalongan makin dikenal luas. Ia bahkan mengusulkan pembuatan merek untuk durian asal Kabupaten Pekalongan. 

Baca lagi:Festival Durian Doro Dibuka Bupati Pekalongan Fadia Pagi Ini, Digelar 2 Hari, Ada Ribuan Durian Gratis

"Harapannya durian Kabupaten Pekalongan lebih dikenal, karena kalau sudah enak harus dikenal. Kita bisa punya nama khusus atau brand khusus sehingga brand ini bisa kita naikkan dan bisa dikenal sampai internasional," katanya.

Sementara itu, dalam rangka mendukung wisata durian di kawasan Doro, Bupati mengungkapkan rencananya untuk membangun jalan yang merupakan jalur petani durian, yaitu jalan Dororejo - Rogoselo, dengan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar. 

Ia berharap infrastruktur ini akan membantu para petani durian untuk lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga durian dapat dinikmati langsung di tempat dengan suasana yang baik dan jalanan yang memadai.

Diketahui bahwa selain di Kecamatan Doro, festival durian juga akan diselenggarakan di Alun-alun Kajen pada Minggu, 14 Januari 2024. Fetival Durian Kabupaten Pekalongan tersebut akan dimeriahkan oleh berbagai acara menarik seperti Kirab Gunungan Durian, Bazar Durian dan UMKM, Lomba Durian Unggul, dan panggung hiburan dengan penampilan artis Ngatmombilung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: