Festival Durian Doro Dibuka Bupati Pekalongan Fadia Pagi Ini, Digelar 2 Hari, Ada Ribuan Durian Gratis

Festival Durian Doro Dibuka Bupati Pekalongan Fadia Pagi Ini, Digelar 2 Hari, Ada Ribuan Durian Gratis

Bupati Pekalongan Fadia akan membuka Festival Durian Doro di halaman Kantor Kecamatan Doro, Sabtu pagi, 13 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Festival Durian Doro akan dibuka Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Sabtu, 13 Januari 2024, sekitar pukul 10.00 WIB. Festival Durian Doro yang baru kali pertama digelar ini akan dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Doro.

Festivan Durian Doro terbuka untuk masyarakat umum. Bahkan, akan ada ribuan durian gratis yang akan dibagikan kepada para pengunjung di hari kedua festival besok. Ya, festival durian ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 13 Januari 2024 dan 14 Januari 2024.

Ketua Panitia Festival Durian Doro, Baehaqi, menjelaskan, Festival Durian Doro akan dibagi dalam dua agenda. Hari pertama, kata dia, tanggal 13 Januari 2024 untuk lomba kontes durian unggulan Doro, bazar durian, dan bazar kuliner serta UMKM.

Pada hari kedua, akan ada kirab gunungan durian dari seluruh desa atau 14 desa di Kecamatan Doro dan hiburan. Bazar durian dan kuliner UMKM tetap ada di hari kedua ini.

Baca juga:Dongkrak Perekonomian, Gelar Festival Durian

Menurutnya, gunungan durian itu nanti dikonteskan atau dilombakan. Satu desa, satu gunungan durian. "Isinya sudah kami tetapkan yakni satu gunungan minimal 40 buah durian. Itu nanti dibagikan ke pengunjung setelah dinilai,” kata dia.

Pengunjung yang akan masuk ke festival ini harus membeli tiket. Harganya hanya Rp 15 ribu per orang. Tiket itu nanti ditukarkan dengan satu buah durian plus minuman. Pengunjung juga tetap bisa mendapatkan pembagian durian dari gunungan.

“Panitia sepakat festival ini harus pakai tiket untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya rebutan dan lain-lain. Dan itu kami jamin pembagiannya pasti rata. Satu tiket satu durian berkualitas,” jelas Baehaqi.

Tiket atau kupon masuk festival ini akan mulai dijual pada tanggal 14 Januari 2024, pukul 09.00 WIB. Sebab paginya akan ada kirab gunungan durian terlebih dahulu. 

“Tiketnya dibatasi, satu tiket untuk satu orang,” ujarnya.

Baehaqi menambahkan, tujuan warga Doro menggelar festival ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan durian lokal Doro. Menurutnya, Doro merupakan salah satu daerah penghasil durian unggul di Kabupaten Pekalongan. 

“Karena durian Doro ini punya cita rasa yang khas. Ada yang ngetan, ada juga yang nyantan. Rasanya tidak hanya manis, tapi juga legit,” ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: