Kontes Durian Lokal Doro 2024, Durian Panji dari Desa Rogoselo Juara 1

Kontes Durian Lokal Doro 2024, Durian Panji dari Desa Rogoselo Juara 1

Dewan juri Kontes Durian Lokal Doro tengah menilai durian yang dilombakan dalam kontes di Festival Durian Doro 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kontes Durian Lokal Doro 2024 berlangsung semarak di halaman Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Sabtu, 13 Januari 2024.

Dalam kontes durian lokal ini, durian Panji milik petani durian Muhadi dari Desa Rogoselo berhasil menjadi juara pertama.

Kontes Durian Lokal Doro ini merupakan satu rangkaian dari Festival Durian Doro. Kontes durian ini merupakan kegiatan pembuka festival durian tingkat Kecamatan Doro tersebut.

Guna mendongkrak potensi durian lokal di Kecamatan Doro, petani durian di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan menggelar Festival Durian Doro. 

Baca juga:Festival Durian Doro Dibuka Bupati Pekalongan Fadia Pagi Ini, Digelar 2 Hari, Ada Ribuan Durian Gratis

Dalam festival ini dimeriahkan pula dengan kontes durian lokal Kecamatan Doro di halaman Kantor Kecamatan Doro, Sabtu, 13 Januari 2024. Kegiatan dibuka oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan sangat mendukung petani durian agar durian di Kabupaten Pekalongan ini bisa terkenal. Bukan hanya orang Kabupaten Pekalongan saja yang tahu durian Pekalongan, namun daerah-daerah lainnya tahu. Bahkan sampai tingkat internasional pun tahu.

"Ini kita harus mengemas nama durian ini mungkin yang harus ada sesuatu Pak Lurah di Doro ini. Di tempat lain ada durian petruk, ada durian ini, durian itu, di Doro ini juga harus punya nama khusus. Supaya durian-durian kita ini terkenal," ujar Bupati Fadia.

Bupati Pekalongan Fadia mengaku pecinta durian. Ia yakin jika seseorang sudah mencicipi durian Kabupaten Pekalongan, maka tidak akan bisa pindah ke lain hati. 

Baca lagi:Festival Durian Ajang Promosi Durian Lokal

"Karena durian di sini luar biasa. Tinggal kita mempromosikan supaya durian kita ini lebih terkenal lagi dan orang supaya tahu kalau Kabupaten Pekalongan punya durian yang hebat," ujar dia. 

"Nanti kita sama-sama akan mempromosikan, termasuk besok kita buat acara besar. Seluruh petani durian besok juga akan membagikan durian gratis di Alun-alun Kajen. Besok di sini (Doro) juga acara durian gratis, jam 9. Besok di sini jam 9 juga ada gunungan durian. Di sini ada, di alun-alun ada. Mudah-mudahan semuanya ramai. Dan juga petani durian Insya Allah akan berlimpah ruah rezekinya," kata Bupati Fadia.

Sementara itu, kontes durian lokal Kecamatan Doro diikuti oleh 34 peserta dari penjuru wilayah Doro. Untuk juara 1, durian Panji milik Muhadi dari Desa Rogoselo, juara 2, durian Bayan milik Chamim dari Desa Harjosari dan juara 3 durian Mentari milik petani Raino Sabar dari Desa Sawangan.

Dalam kontes durian lokal ini, kriteria penilaian diantaranya bentuk durian, warna daging, rasa, isi, ketebalan dan tekstur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: