Festival Durian Ajang Promosi Durian Lokal

Festival Durian Ajang Promosi Durian Lokal

POTENSI LOKAL - Festival Durian Lolong dijadikan sebagai ajang promosi potensi durian unggulan. --

 

KAJEN - Ribuan warga dari berbagai kalangan antusias mengikuti Festival Durian Lolong, di Lapangan Desa Lolong Kecamatan Karangannyar, Minggu (29/01/2023). Festival sebagai ajang promosi durian lokal dihadiri langsung oleh Forkopimda Pekalongan. 

 

Festival diisi dengan karnaval hasil bumi dari 19 kecamatan, juga dimeriahkan budaya tradisional Kabupaten Pekalongan. Dalam kesempatan itu, gunungan produk potensi lokal ikut dipamerkan bahkan diperebutkan warga yang hadir dalam Festival Durian Lolong.

 

Tak hanya itu saja, durian lokal asli dari enam desa yang ada di wilayah Kecamatan Karanganyar dilombakan untuk mengetahui kualitas yang paling bagus. 

 

Dalam Festival Durian Lolong juara pertama Durian Mega milik Istiqomah dari Desa Pedawang. Juara dua jenis Bogo milik Ikbal dan juara tiga jenis Mustoko milik Taryali yang masing masing berasal dari Desa Lolong. 

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan Festival Durian Lolong sebagai bentuk tasyakuran selama dua tahun tidak digelar. Diawal tahun 2023 ini baru kembali bisa dilaksanakan dengan kemasan cukup menarik dan sederhana. 

 

"Dengan adanya Festival ini maka kedepan Durian lokal Kabupaten Pekalongan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Karena yang kami dengar bahwa banyak pengunjung berasal dari luar Kabupaten Pekalongan datang ke sini (Lolong)," katanya. 

 

Untuk itu Bupati berharap Festival Durian Lolong kedepan acara dibuat lebih meriah lagi, karena kegiatan tersebut sebagai salah satu untuk ajang promosi potensi yang ada.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: