Ciptakan Mesin Pembatikan Otomatis, Suripto warga Kota Pekalongan Raih Juara 2 Lomba TTG Unggulan Jateng

Ciptakan Mesin Pembatikan Otomatis, Suripto warga Kota Pekalongan Raih Juara 2 Lomba TTG Unggulan Jateng

Mesin Pembatikan Otomatis karya M Suripto warga Pringlangu, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan meraih Juara 2 Lomba TTG Unggulan Tingkat Jawa Tengah tahun 2024.-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - M Suripto, warga Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, dengan karya inovasi berupa Alat Pembatikan Otomatis berhasil meraih Juara 2 Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024.

Alat Pembatikan Otomatis karya Suripto tersebut berada di peringkat 2 pada kategori TTG Unggulan, dalam lomba yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini sebagaimana diumumkan melalui Surat Plh. Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah tertanggal 30 April 2024.

Dijelaskan dalam surat tersebut, Lomba TTG Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 diikuti oleh 23 kabupaten/kota. Lomba ini terbagi menjadi tiga kategori, meliputi Inovasi TTG (diikuti 12 kabupaten/kota), TTG Unggulan (diikuti 7 kabupaten/kota), dan Posyantek Desa Berprestasi (diikuti 4 kabupaten/kota).

BACA JUGA:65 Siswa SD/MI se- Kota Pekalongan Ikuti Lomba Bercerita Dinarpus Kota Pekalongan

BACA JUGA:Percepatan Sertifikasi Halal bagi Para Pedagang, Kemenag Kota Pekalongan Jembut Bola

Kota Pekalongan dalam lomba TTG Unggulan kali ini, diwakili oleh M Suripto dari Kelurahan Pringrejo dengan alat bernama Mesin Pembatikan Otomatis.

Suripto maju ke Lomba TTG Unggulan Tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili Kota Pekalongan setelah sebelumnya berhasil menjadi Juara I dalam lomba TTG Tingkat Kota Pekalongan pada Maret 2024 lalu.

Adapun rincian daftar pemenang Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

 

1. Kategori Lomba Inovasi TTG

1.) Kabupaten Demak; Nama Alat: OUWVEN (pengering multi fungsi); Inventor: Maximillian Agus Hariyanto.

2.) Kota Semarang; Nama Alat: Alat Penyimpanan Buah untuk Menunda Tingkat Kematangan; Inventor: Ariya Permana Putra.

3.) Kota Surakarta; Nama Alat: Energi Terbarukan (alat pembangkit listrik dengan memadukan energi tersimpan pada flywheel, energi surya, energi angin, dan energi turbin magnet dalam satu sistem); Inventor: Aris Joko Saraswo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: