65 Siswa SD/MI se- Kota Pekalongan Ikuti Lomba Bercerita Dinarpus Kota Pekalongan

65 Siswa SD/MI se- Kota Pekalongan Ikuti Lomba Bercerita Dinarpus Kota Pekalongan

TUNGGU - Raut tegang para peserta lomba saat menunggu giliran untuk bercerita --Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 65 siswa SD/ MI se- Kota Pekalongan mengikuti lomba bercerita yang digawangi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan.

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso menyatakan bahwa kegiatan lomba bercerita ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak. Selain ditujukan untuk menarik minat baca, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai salah satu wadah nguri-uri budaya lokal. Puluhan pelajar SD/MI antusias mengikuti lomba bercerita yang digelar di Gedung Perpustakaan Daerah setempat, 7-8 Mei 2024.

 Ditambahkan olehnya, peminat kegiatan ini di tahun 2024 jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya, hal ini menjadi gambaran bahwa gairah berliterasi pada tingkat anak sekolah tidak padam justru semakin meningkat. Semangat ini tidak terlepas dari upaya yang telah dilakukan oleh para bunda literasi dan guru pendidik dalam menggelorakan budaya membaca. 

BACA JUGA:Gelar P5, PAUD Annisa Muslimat NU Jenggot Manfaatkan Momen Hari Kartini Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

BACA JUGA:Kembangkan Kreativitas Siswa, SMAN 1 Pekalongan Gelar Pakarnians

 “Melihat semangat dan antusias ini menjadi pertanda yang harus ditangkap oleh pendidik bahwa mereka ini akan membawa pengaruh yang besar dalam berliterasi dan kita juga harus bisa menaruh harapan yang besar pula,” ungkap Soeroso.

Hadir membuka lomba bercerita, Bunda Literasi Kota Pekalongan, Inggit Soraya melihat geliat baik budaya berliterasi pelajar dengan banyak jumlah peserta didik yang mengikuti lomba tersebut. “Mudah-mudahan dari kegiatan rutin ini bisa menarik minat baca dan gemar membaca, semakin mau berkunjung ke perpustakaan. Alhamdulillah kunjungan perpustakaan melebihi tahun sebelumnya, semoga bukan karena gedung baru, mudah-mudahan semangat ini tidak surut, semakin banyak lagi pengunjung menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan,” pungkasnya.(Mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: