Kembangkan Kreativitas Siswa, SMAN 1 Pekalongan Gelar Pakarnians

Kembangkan Kreativitas Siswa, SMAN 1 Pekalongan Gelar Pakarnians

TAMPIL - Penampilan para siswa SMAN 1 Pekalongan dalam ajang Pakarnians --Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - SMAN 1 Pekalongan kembali menggelar Pakarnians (Pagelaran Karya Kartinians 2024) yang rutin digelar tiap tahunnya.

Disampaikan Kepala SMAN 1 Pekalongan Abdul Rozak bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan zaman ke depan yang tak lepas dari kebutuhan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif yang tetap berpegang teguh pada kearifan lokak.

Dalam upaya menumbuhkan kreativitas, bakat, imajinasi, serta relasi yang terjalin pada siswa dengan warga sekolah lain dan stakeholder lah SMA Negeri 1 Pekalongan mengadakan pagelaran seni yang dikemas dalam acara bertajuk "Pagelaran Karya Kartinians 2024 (Pakarnians 2024).

Kepala SMA Negeri 1 Pekalongan, Abdur Rozak menjelaskan bahwa, selain sebagai bentuk penilaian mata pelajaran seni budaya, pagelaran ini seni memiliki peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan  budaya tradisional daerah serta sebagai ajang untuk menyalurkan kreativitas, minat dan bakat siswa-siswi. Pagelaran ini sudah rutin digelar sejak awal Tahun 2000-an. Para siswa berupaya menunjukan keterampilan dan kelihaian mereka dalam menampilkan berbagai seni dan keterampilan yang telah mereka dapatkan dalam proses belajar di kelas.

BACA JUGA:Kelas 8 MTs N 1 Pekalongan Gelar Praktek Manasik Haji, Berikan Pemahaman Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji

BACA JUGA:FKIP Unikal Cetak Lulusan Berkompetensi Keguruan dan Nilai Profetik Plus

"Maka, di dalam assesment tidak lagi hanya mengandalkan aspek performance unjuk tampil para siswa saja, tetapi di sisi lain ada kemampuan soft skill dan spiritual skill di dalamnya,"ucapnya.

Menurutnya, dibalik kesuksesan pagelaran seni ini, pihaknya mengapresiasi atas persiapan matang dan kerja tim dari seluruh siswa-siswi sebagai panitia maupun peserta yang tampil. Disini skill kepemimpinan, komunikasi, dan empati peserta didik diasah. Pihaknya berharap, dari pagelaran seni yang rutin dilaksanakan ini bisa melahirkan para masterpiece di bidang seni dari peserta didik SMA Negeri 1 Pekalongan.

"Yang bisa mengakomodir kepentingan sekolah maupun pemerintah daerah setempat. Misalnya, untuk kepentingan sekolah ada lomba-lomba di bidang seni. Sementara, untuk kepentingan pemerintah daerah ada event-event seni budaya yang memberdayakan sekolah. Sehingga, bisa mengakomodir juga bakat minat peserta didik kami,"pungkasnya. (Mal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: