Antusias, Pameran Seni Siswa

Antusias, Pameran Seni Siswa

DOK - Antuasias para siswa menampilkan karya seni mereka dalam pameran.-Malekha-

*SMAN 1 Pekalongan 

 

KOTA -  Tantangan zaman ke depan tak lepas dari kebutuhan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif. Dua kemampuan tersebut adalah bagian dari kunci sukses untuk berkarya di era yang serba digital dan cepat. Dalam rangka mendukung pengembangan kompetensi murid menjadi manusia yang kreatif dan inovatif, SMA Negeri 1 Kota Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Belajar Pameran yang diikuti oleh seluruh kelas 12 dengan menampilkan sejumlah karya seni rupa hasil ciptaannya, berlangsung di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan, Selasa (21/3/2023). 

 

Sejumlah kreasi hasil karya para murid ini, mereka tampilkan layaknya sebuah pameran kreativitas dan inovatif yang terbuka untuk umum dengan mengusung sejumlah tema yang telah disepakati di masing-masing kelasnya.

 

Guru Seni Rupa SMA Negeri 1 Kota Pekalongan, Imam Wahyu Nugroho menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya bukan merupakan agenda tahunan, namun didasari ide dari pembelajaran Seni Rupa, dimana salah satu materinya adalah Belajar mengenal  Pameran.

 

"Anak-anak diajak menunjukkan jati diri mereka sesuai tema yang diinginkan baik itu membuat lukisan, patung, robot, digital yang menyangkut seni rupa. Pameran ini dibuat oleh siswa-siswi kelas 12 sebanyak 9 kelas baik IPA maupun IPS," terang Imam.

 

Imam menyebutkan, masing-masing kelas dipersilahkan membuat tema tersendiri sesuai ide dan kreativitas anak-anak. Pameran ini dimaksudkan untuk belajar menyelenggarakan pameran sedemikian rupa dan melatih mereka mengapresiasi karya seni serta waktu.

 

"Pameran ini berlangsung satu hari dan terbuka untuk umum. Dalam kegiatan ini, memang kami masukkan penilaian individu dan kelas yang juga dikompetisikan per kelas. Kami berharap, kegiatan serupa bisa terselenggara kembali dan bisa mempererat silaturahmi antar kelas dan antar angkatan," harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: