Belasan Siswa SMAN 1 Pekalongan Geruduk Rutan, Ini Tujuannya

Belasan Siswa SMAN 1 Pekalongan Geruduk Rutan, Ini Tujuannya

KUNJUNGAN - Siswa SMAN 1 Pekalongan mengunjungi Rutan Kelas IIA Pekalongan dalam rangka melaksanakan tugas P5 kurikulum Merdeka Belajar.-Wahyu Hidayat-

KOTA - Sebanyak 12 siswa dari SMA Negeri 1 Pekalongan telah mengikuti program Merdeka Belajar di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pekalongan pada Kamis (9/3/2023). 

 

Program ini mengajarkan P5, yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang menuntut siswa untuk mengenali kearifan lokal.

 

Belasan siswa tersebut 'menggeruduk' Rutan Pekalongan' untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan warga binaan di dalam rutan, dan bentuk pembinaan apa saja yang diberikan ke para warga binaan.

 

Rutan Pekalongan dipilih sebagai salah satu lokasi program ini karena dianggap memiliki kesesuaian dengan kearifan lokal yang diinginkan, berkat sejarahnya yang panjang dan signifikan bagi warga lokal. 

 

Selain Rutan Pekalongan, lokasi lainnya yang dipilih adalah Museum Batik dan beberapa tempat produksi batik.

 

Satriyo Budi Utomo, Guru Pembimbing SMAN 1 Pekalongan, mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan P5, siswa melakukan berbagai tahapan, mulai dari memahami, menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain proyek, mengelola, mendokumentasikan, hingga melaporkan hasil. Tahap terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5.

 

Dari kunjungan ke Rutan Pekalongan tersebut, menurut Satriyo ternyata kehidupan di dalam Rutan tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: