Dukung Program Ketahanan Pangan, Rutan Pekalongan Manfaatkan Lahan Terbatas untuk Pertanian

Dukung Program Ketahanan Pangan, Rutan Pekalongan Manfaatkan Lahan Terbatas untuk Pertanian

Karutan Pekalongan, Sastra Irawan, didampingi sejumlah pejabat manajerial Rutan setempat, memanen hasil pertanian di lahan dalam Rutan Pekalongan, Kamis, 24 Oktober 2024.-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pekalongan mendukung penuh akselerasi program Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH, khususnya terkait Program Ketahanan Pangan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan lahan yang tersedia untuk menanam berbagai tanaman pangan seperti terong, pepaya, kangkung, tomat, dan kemangi.

Karutan Pekalongan, Sastra Irawan, mengungkapkan komitmennya saat panen terong di area pertanian Rutan pada Kamis, 24 Oktober 2024.

BACA JUGA:Labkesda Nilai Laik Hygiene Sanitasi Dapur Rutan Pekalongan

BACA JUGA:Berawal dari Keterbatasan Pupuk, Rutan Pekalongan Sulap Limbah Dapur Jadi Pupuk Kompos

"Meskipun lahan di Rutan Pekalongan terbatas, kami mampu mengoptimalkannya untuk menanam berbagai jenis tanaman," ujar Sastra Irawan yang didampingi oleh jajaran pejabat manajerial Rutan Pekalongan.


Karutan Pekalongan menimbang hasil pertanian yang dipanen dari lahan pertanian Rutan Pekalongan.-Istimewa-

Menurut Sastra, kegiatan ini tidak hanya bertujuan sebagai pembinaan kemandirian bagi warga binaan.

"Tetapi juga sebagai wujud dukungan nyata terhadap program ketahanan pangan yang digagas oleh Bapak Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan," ujar Sastra.

Lebih lanjut, Sastra menambahkan bahwa selain program ketahanan pangan, jajaran Rutan Pekalongan juga siap melaksanakan berbagai program lain yang diinisiasi oleh Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

BACA JUGA:Petugas dan Warga Binaan Rutan Pekalongan Dilatih Tanggap Darurat Bencana Gempa dan Kebakaran

BACA JUGA:Festival Pangan 2024, Sinergi Kota Pekalongan Bangun Ketahanan Pangan di Tengah Perubahan Iklim

Beberapa program tersebut di antaranya adalah memberantas peredaran narkoba di Lapas dan Rutan, memberikan bantuan sosial kepada keluarga warga binaan yang tidak mampu, serta mengatasi masalah kelebihan kapasitas secara komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: