Mengapa Anak Perempuan Dekat dengan Ayah? Berikut Peran Ayah bagi Anak Perempuan Menurut dr Aisah Dahlan

Sabtu 24-02-2024,21:40 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

BACA JUGA:Ingin Sukses Menjadi Orang Tua? Ini Beberapa Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Mewujudkannya

Nah hipotalamus ini di antara fungsinya adalah menjaga keamanan. Sehingga rasa ingin melindungi pada laki-laki jauh lebih besar dibanding perempuan.

2. Ingin Didengarkan 

Alasan selanjutnya yang dijelaskan oleh dr Aisah Dahlan adalah karena pada perempuan memiliki kecenderungan berbicara atau menggunakan lebih banyak kata dalam percakapannya, yaitu sekitar 20.000 kata per hari.

Nah faktor inilah yang membuat anak perempuan juga lebih sering berbicara atau berbagi cerita dengan sang ayah. Karena ayah sebagai laki-laki memiliki kosakata yang lebih sedikit, sehingga mereka akan lebih merasa didengarkan dengan baik saat bercerita dengan ayah.

Karena pada laki-laki dalam sehari mereka hanya berbicara dengan menggunakan sekitar 7000 kata.

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Belajar Anak Laki-Laki! Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak Laki-Laki

BACA JUGA:Parenting Islami tentang Tahapan dalam Membangun Karakter Anak Menurut Ning Imaz

Sedangkan saat bercerita dengan ibu yang sama-sama perempuan bisa terjadi persaingan dalam berbicara. Karena banyak kata yang mereka butuhkan untuk diungkapkan sama banyaknya.

"Itulah mengapa anak perempuan lebih suka berbicara dengan ayah mereka karena Ayah lebih bisa menjadi pendengar yang baik. Karena berbeda cara dalam jumlah yang sedikit," tutur dr Aisah Dahlan.

Dan sebaliknya ini juga bisa menjadi alasan saat kita menemui anak laki-laki yang lebih dekat dengan ibu mereka. Karena anak laki-laki memiliki hipotalamus atau kecenderungan rasa ingin melindungi ibunya. 

Inilah mengapa peran ayah dan ibu sama pentingnya dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak. Tidak bisa mendidik anak menjadi tanggung jawab yang lebih besar bagi seorang ibu atau seorang ayah.

Karena ayah dan ibu memiliki peran yang sama pentingnya, dengan fungsi yang saling melengkapi dalam mendidik anak.

Meski sebagai seorang ayah memang lebih sering di luar karena harus bekerja, tetap sempatkan untuk memiliki quality time dengan anak.

Agar hubungan dekat antara ayah dan anak tetap terjaga dengan baik. Sehingga anak tidak merasa canggung, juga mendapatkan rasa aman dan nyaman saat berada dekat dengan ayahnya.(*)

Kategori :