Rambut Bercabang Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Praktis Perawatan Rambut Bercabang Biar Ngga Gampang Patah

Rabu 15-05-2024,17:13 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Rambut cabang adalah tanda kalua rambut tidak dalam kondisi yang baik. Nah kamu bisa mencoba melakukan cara praktis perawatan rambut cabang agar rambut lebih sehat dan ngga mudah patah.

Perawatan rambut bercabang ternyata cukup praktis dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Bila dibiarkan kondisi cabang rambut ini akan menambah masalah rambut lain seperti rambut mudah rontok dan patah.

Sebelum cara perawatan rambut bercabang, perlu diketahui sebenarnya bagaimana si kondisi rambut cabang itu sendiri. Pada rambut kita terdapat 3 lapisan rambut yaitu medula, korteks, dan kutikula. 

Kutikula sebagai lapisan terluar rambut mempunyai fungsi untuk melindungi rambut dari mengalami kerusakan. Adanya perawatan atau tindakan yang kurang tepat akan memicu kerusakan pada kutikula rambut sehingga bagian dalam rambut pun tidak terlindungi dan rusak. 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Produk Vitamin Rambut untuk Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang, Solusi Rambut Mudah Diatur

BACA JUGA: 5 Perawatan Rambut Keriting Agar Tidak Mudah Kusut, Rambut Lebih Halus Gampang Diatur!

Akibatnya rambut jadi rusak, kering, kusam, bercabang, dan mudah patah. Nah untuk kondisi rambut bercabang ini kamu perlu memberikan perawatan yang tepat agar tertangani sesegera mungkin.

Cara Praktis Perawatan Rambut Bercabang

Ada banyak penyebab kerusakan rambut, seperti terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung, sering menggunakan alat penata rambut, akibat mewarnai rambut, dan penggunaan produk rambut berbahan kimia.

Namun tidak perlu khawatir, karena kondisi rambut bercabang ini masih bisa diperbaiki. Dan kabar baik perawatan rambut bercabang berikut ini ngga harus selalu kamu lakukan di salon, karena bisa dengan mudah kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Gunting Ujung Rambut Secara Rutin

Cara pertama yang perlu kamu lakukan saat punya rambut bercabang adalah menggunting ujung rambut secara rutin. Cara ini juga menjadi cara paling mudah yang efektif untuk mengatasi cabang rambut.

Pasalnya rambut cabang sering ada di bagan ujung rambut, jadi perlu rutin dipotong agar tidak menjalar ke batang rambut.

Disarankan untuk menggunting ujung rambut 6-8 minggu sekali. Anda cukup menggunting ujung rambut, atau untuk lebih aman dan hasil rapi, bisa pergi ke salon untuk memotong rambut.

2. Gunakan Kondisioner dan Masker Rambut

Kategori :