Rambut Bercabang Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Praktis Perawatan Rambut Bercabang Biar Ngga Gampang Patah

Rabu 15-05-2024,17:13 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

Rambut yang bercabang biasanya memiliki kondisi yang kering, penggunaan kondisioner setelah keramas akan membuat rambut lebih lembut dan halus, mudah diatur. Sedangkan manfaat penggunaan masker rambut akan memberikan nutrisi ekstra pada cabang rambutmu.

Untuk masker rambut bisa kamu gunakan sekitar seminggu sekali secaea rutin. Perawatan rutin dengan dua produk ini akan menambah kelembapan rambut dan memperbaiki tekstur rambut, rambut jadi ngga mudah kering dan bercabang.

BACA JUGA: 3 Merk Shampo Anti Lepek Terbaik, Rahasia Rambut Bebas Minyak dan Tetap Segar Sepanjang Hari

BACA JUGA: Cara Menghaluskan Rambut Kasar dan Bercabang, Cuma Pakai 2 Bahan Alami Jadi Gampang Diatur

3. Batasi Penggunaan Alat Penata Rambut

Ada banyak alat penataan rambut yang bisa membuat kondisi rambut rusak, seperti alat pengeriting rambut, catokan, dan pengering rambut. Memang sekilas dan cepat bisa membuat rambut terlihat indah, namun efek jangka panjangnya akan membuat rambut rusak.

Efek panas yang dihasilkan dari alat penata rambut dapat merusak struktur rambut dan membuatnya semakin kering. Dan memicu kondisi rambut bercabang.

Jika memang membutuhkan kamu bantuan alat penata rambut untuk menata rambut pastikan kamu menggunakan perlindungan sebelumnya seperti serum dan hair care lainnya untuk melindungi rambut dari suhu panas berlebih.

4. Hindari Rambut Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Tidak hanya berbahaya untuk kulit, sinar UV juga memiliki efek yang berbahaya bagi rambut. Terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari akan membuat rambut kering dan rusak.

Saat dirasa akan beraktifitas seharian di bawah sinar matahari, kamu bisa menggunakan pelindung rambut seperti syal, atau topi. Sehingga rambut tidak langsung tersengat sinar matahari.

BACA JUGA: Cara Menghaluskan Rambut Kasar dan Bercabang, Cuma Pakai 2 Bahan Alami Jadi Gampang Diatur

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Cat Rambut Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama, Rahasia Bebas Rambut Uban di Tahun 2024

5. Batasi Penggunaan Produk Rambut Berbahan Kimia

Perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia seperti cat rambut, bleaching, perming, maupun smoothing akan memberikan dampak yang tidak baik pada kondisi rambutmu.

Bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dengan rambutmu, tapi berilah jeda antara perawatan rambut dengan bahan Kimia dengan perawatan lainnya. Misalnya setelah melakukan perawatan smoothing, berilah Jarak sekitar 2 minggu jika ingin lebih lanjut mewarnai rambut.

Kategori :